Sukses


Liga 1: Wani! Song Ui-young Siap Hadapi Tekanan Besar Suporter Persebaya

Bola.com, Jakarta - Gelandang anyar Persebaya Surabaya, Song Ui-young, tidak gentar menghadapi tekanan besar di klub barunya. Pemain berpaspor Korea Selatan itu sudah paham bahwa situasi itu akan menimpanya.

Song sudah mempertimbangkan faktor tekanan suporter saat memutuskan bergabung dengan Persebaya Surabaya. Suporter Bonek biasanya memberikan tekanan besar kepada pemain untuk tampil optimal.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa keputusan bergabung dengan klub besar tentu dibarengi dengan tekanan besar suporter pula. Song memang perlu adaptasi, tetapi mengaku sudah menyiapkan cara menghadapi tekanan itu.

“Sebagai pemain profesional, tekanan itu hal yang biasa. Saya mau tekanan itu menjadi tenaga untuk pemain dan klub. Saya ingin mencapai target maksimal. Saya ingin menikmati tekanan di sini,” ungkap Song, Senin (5/6/2023). 

 

2 dari 4 halaman

Alasan Bergabung

Song Ui-young merupakan pemain asal Korea Selatan yang menghabiskan kariernya di Singapura. Dia pernah membela Home United hingga berganti nama menjadi Lion City Sailors pada medio 2011-2023.

Berkat statusnya itu, dia lantas menjadi pemain naturalisasi yang mendapat paspor Singapura pada 2021. Dia tercatat telah membukukan tiga gol dalam 16 pertandingan bersama Timnas Singapura.

Pada awal 2023, dia sempat hijrah ke Thailand dengan berseragam Nongbua Pitchaya dan tampil dalam delapan pertandingan Thai League 1.

Dengan pengalamannya di Asia Tenggara, tentu menarik untuk menyaksikan kiprah Song Ui-young bersama Persebaya. Apalagi, sudah ada gelandang asing Ze Valente di lini tengah klub Bajul Ijo.

“Saya merasa ingin bergabung di sini. Saya senang bisa bermain untuk klub besar dan suporter yang sangat luar biasa,” ujar Song Ui-young.

 

3 dari 4 halaman

Catatan Unik di Indonesia

Gelandang berusia 29 tahun itu pernah memiliki catatan unik di Indonesia meski baru akan menjalani musim perdana di Liga 1. Dia pernah menjebol gawang Persija Jakarta di Piala AFC 2018.

Pertandingan itu terjadi saat Song masih membela Home United, klub kasta teratas Singapura. Saat itu, timnya berjumpa dengan Macan Kemayoran dalam babak semi final Piala AFC 2018.

Home United mampu menang dua kali dalam dua leg, masing-masing dengan skor 3-2 dan 3-1. Song sendiri berhasil mencetak dua gol, masing-masing satu gol dalam dua pertandingan yang berbeda.

Di leg kedua, pertandingan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 Mei 2018. Pertandingan itulah yang membuatnya takjub dengan animo suporter Indonesia yang begitu besar untuk klub.

 

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer