Sukses


Ukir Sejarah di Indonesia Bersama PSIS, Paulo Gali Freitas Pikul Harapan Besar dari Warga Timor Leste

Bola.com, Semarang - Penyerang Timnas Timor Leste, Paulo Gali Freitas, memiliki ambisi besar bersama PSIS Semarang di BRI Liga 1 2023/2024. Sebab, dia membawa harapan besar dari pendukung di tanah kelahirannya.

Pasalnya, Paulo Gali Freitas akan menjadi pesepak bola asli Timor Leste pertama yang akan berkarier di Indonesia. Sebelumnya, memang sudah ada beberapa pemain berpaspor Timor Leste yang mendahului jejaknya.

Namun, nama-nama seperti Pedro Henrique, Alan Leandro da Silva, Felipe Bertoldo, hingga Paulo Martins, merupakan pesepak bola Brasil yang dinaturalisasi menjadi warga negara Timor Leste.

Sementara itu, pemain legendaris seperti Joao Bosco Cabral hingga Miro Baldo Bento dulunya berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI) kelahiran Timor Leste yang saat itu menjadi salah satu provinsi Indonesia dengan nama resmi Timor Timur.

Dengan demikian, Paulo Gali Freitas akan mengukir sejarah baru sebagai pesepak bola asal Timor Lester pertama yang mencatatkan kiprahnya di Indonesia. 

 

2 dari 5 halaman

Dapat Dukungan dari Timor Leste

Pemain yang sudah mencatatkan debut bersama Timnas Timor Leste pada September 2018 ini mengakui, suporter sepak bola di negaranya merasa antusias dengan keputusannya berkarier bersama PSIS Semarang.

Apalagi, statusnya sebagai pemain Timor Leste pertama di Indonesia inilah yang membuat mantan pemain Karketu Dili FC ini mendapatkan banyak dukungan dari negara asalnya. 

“Pertama kali dengar saya berkarier di Indonesia, mereka merasa senang dan memberikan support,” kata Paulo Galo dikutip dari kanal YouTube PSIS Official.

“Karena, ini karier pertama saya di luar negeri dan saya membuat sejarah sebagai pemain Timor Leste pertama yang berkarier di Indonesia,” ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

Dua Pesan Penting untuk Paulo Gali

Antusiasme publik Timor Leste yang menyambut transfer Paulo Galo Freitas turut diiringi dengan sejumlah pesan. Dia mengatakan, suporter memintanya untuk bekerja keras dan disiplin.

Harapan besar tentu kini bersandar di punggung pemain yang dijuluki ‘Wonderkid Abadi’ ini. Itulah sebabnya, dia ingin memberikan seluruh kemampuan terbaiknya untuk Mahesa Jenar di Liga 1 2023/2024.

“Semua suporter Timor Leste mendukung dan memberikan beberapa pesan yang membuat saya semangat dan disiplin agar bisa memberikan kontribusi untuk PSIS Semarang,” ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Kiprah Pertama di Luar Negeri

Bergabungnya Gali Freitas menuju PSIS Semarang menjelang Liga 1 2023/2024 ini bakal menjadi pengalaman pertamanya berkarier di luar negeri. Selama ini, pemain yang berposisi sebagai penyerang itu lebih sering bermain di Timor Leste.

Dia tercatat pernah memperkuat SLB Laulara (2017-2018), Lalenok United FC (2019), Assalam FC (2022), dan terakhir bermain untuk Karketu Dili (2022-2023).

5 dari 5 halaman

Posisi PSIS Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer