Sukses


BRI Liga 1: Persija Sulit Berkandang di SUGBK, Ketum Jakmania Sodorkan JIS sebagai Solusi

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno, menyodorkan Jakarta International Stadium sebagai markas Persija Jakarta pada BRI Liga 1 2023/2024.

Solusi itu disodorkan karena Persija selalu kesulitan bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Sejumlah agenda non-olahraga kerap digelar di SUGBK yang menjadi markas Persija Jakarta pada BRI Liga 1 2023/2024. Akibatnya, klub berjulukan Macan Kemayoran itu selalu terkena dampaknya.

Contohnya saat Peringatan Puncak Bulan Bung Karno 2023 (24/6/2023) dan Peringatan ke-77 tahun Hari Bhayangkara (1/7/2023) yang digelar di SUGBK.

Dua agenda tersebut membuat laga perdana BRI Liga 1 2023/2024 antara Persija Jakarta melawan PSM Makassar harus mundur sehari dari jadwal.

Selain itu, pada pertengahan Juli 2023 akan digelar acara partai politik di SUGBK. Agenda tersebut membuat Persija Jakarta kembali terusir dari SUGBK atau jadwal pertandingan kandang berikutnya mengalami perubahan.

2 dari 4 halaman

JIS Jadi Solusi

Diky Soemarno mengaku, Jakarta International Stadium sebenarnya menjadi solusi markas yang baik buat Persija Jakarta. Dengan kapasitas yang mencapai 82 ribu penonton, JIS akan sanggup menampung suporter Persija.

"Saya harapannya pada musim ini Persija sudah pakai JIS sebetulnya, harapan besarnya seperti itu. Kita sama-sama tahu kondisi Persija musim ini sangat berat untuk menggelar laga kandang dengan adanya agenda politik, adanya agenda kenegaraan, GBK udah pasti sulit digunakan," ucap Diky.

"Stadion Patriot juga dengan kondisi terakhir kita tahu seperti apa dengan kapasitas segitu, dengan fans Persija yang besar tentu ini merugikan bagi Persija. Salah satu solusinya kita punya JIS dan kenapa tidak kita manfaatkan," jelas Diky.

3 dari 4 halaman

Bersolek untuk Piala Dunia U-17 2023

Namun, Persija Jakarta harus bersabar paling tidak sampai pertengahan musim 2023/2024 untuk menggunakan JIS. Stadion tersebut saat ini sedang direnovasi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Sejumlah kekurangan seperti rumput stadion dan akses masuk sedang dibenahi, agar JIS bisa sesuai dengan standar FIFA. Setelah itu, JIS rencananya akan disodorkan menjadi venue Piala Dunia U-17 2023 pada November-Desember mendatang.

Persija baru bisa menggunakan JIS sebagai markas setelah berakhirnya Piala Dunia U-17 2023. Dengan sudah standar FIFA, JIS bisa menjadi kandang Persija pada BRI Liga 1 2023/2024.

4 dari 4 halaman

Yuk Simak Posisi Tim Kesayangan Kamu!

Video Populer

Foto Populer