Sukses


Deretan Transfer Mengejutkan pada Awal BRI Liga 1 2023/2024: Dua Pemain Papua Resmi Angkat Kaki

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2023/2024 masih memunculkan sejumlah transfer yang mengejutkan, meskipun sudah berlangsung dua pekan. Ada perpindahan beberapa pemain yang membuat kaget.

Sebetulnya ada banyak nama pemain yang membuat gempar bursa transfer Liga 1 musim ini. Nama-nama pemain jebolan BRI Liga 1 telah resmi mendapatkan pelabuhan baru bersama klub kasta kedua.

Selain itu, ada pula nama-nama pemain yang justru dilepas klub BRI Liga 1 meskipun belum sempat mencatatkan menit bermain. Menariknya, perpindahan tersebut harus ditebus dengan mekanisme transfer.

Kejutan lainnya yang datang ialah beberapa pemain yang sebetulnya baru saja bergabung dengan klub barunya, tetapi malah angkat kaki pada awal musim ini. Berikut ini Bola.com menyajikan kejutan di BRI Liga 1 musim ini.

2 dari 5 halaman

Ricky Kambuaya

Pada awal musim ini sempat dikejutkan dengan transfer Ricky Kambuaya dari Persib Bandung menuju Dewa United. Gelandang Timnas Indonesia tersebut memang belum sempat dimainkan pada laga perdana Persib melawan Madura United.

Belum ada sepekan setelah laga perdana itu digelar, Tim Maung Bandung resmi mengumumkan perpisahan dengan Ricky Kambuaya ke Dewa United. Dia dilepas meski masih terikat kontrak dengan Persib Bandung.

Menurut Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, gelandang berusia 27 tahun ini ternyata ditebus dengan mekanisme transfer oleh skuad Tangsel Warriors.

"Ricky Kambuaya masih terikat kontrak hingga tahun depan di Persib. Karena itu, Dewa United mendapatkan Ricky Kambuaya dengan skema transfer," jelas Teddy Tjahjono saat dihubungi Kamis (06/07/2023).

 

3 dari 5 halaman

David Rumakiek

Kejutan lainnya pada awal BRI Liga 1 2023/2024 juga datang dari PSIS Semarang. Mereka mengumumkan perpisahan dengan pemain barunya David Rumakiek pada Jumat (7/7/2023).

Chief Executive Officer (CEO), PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, menjelaskan, David tengah menghadapi masalah di kampung halamannya. Namun, ia tak menjelaskan secara rinci masalah seperti apa yang dimaksud.

Akibat masalah tersebut, kata Yoyok, manajemen PSIS Semarang membuat kesepakatan untuk mengakhiri kontrak kerja sama dengan David Rumakiek yang masih berjalan.

Padahal, dia baru didatangkan PSIS pada akhir Mei lalu, setelah dilepas Persib Bandung.

"PSIS Semarang dan David Rumakiek sepakat untuk mengakhiri kerja sama. David Rumakiek tengah ada masalah di sana," kata Yoyok Sukawi melalui rilis resmi, Jumat (7/7/2023) pagi hari WIB.

 

4 dari 5 halaman

Miftah Anwar Sani

Selanjutnya, ada nama Miftah Anwar Sani yang membuat geger pada bursa transfer ini. Setelah sempat dilepas Dewa United dan bergabung dengan Persikabo 1973, dia justru kembali angkat kaki.

Pemain asal Salatiga itu sebetulnya sempat disebut-sebut bakal merapat ke Persis Solo pada awal musim ini setelah meninggalkan Laskar Padjadjaran. Namun, dia ternyata resmi direkrut klub Liga 2, Kalteng Putra.

Miftah Anwar Sani bergabung ke Kalteng Putra bersama deretan pemain jebolan Liga 1 yang diumumkan secara bersamaan, yakni Finky Pasamba, Beni Oktovianto, Osas Saha, Jandia Eka Putra, Shahar Ginanjar, Sandi Sute, dan lain-lain.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer