Sukses


5 Hal Penting pada Pekan 3 BRI Liga 1 2023 / 2024: Persija Raih Kemenangan Perdana, Luis Milla Korban Pertama

Bola.com, Jakarta - Rampung sudah rangkaian pekan 3 BRI Liga 1 2023/2024. Laga Persija Jakarta vs Bhayangkara FC, Minggu (16/7/2023) menjadi penutup.

Rangkaian pekan 3 BRI Liga 1 2023/2024 dibuka dengan partai antara Barito Putera vs PSS Sleman, Jumat (14/7/2023). Tuan rumah memenangi pertandingan dengan skor 3-1.

Sementara itu, juara bertahan PSM Makassar menang 1-0 atas tuan rumah Persikabo 1973. Kemenangan tandang juga didapat Persita Tangerang kala bertandang ke markas RANS Nusantara FC.

Laga klasik turut mewarnai pekan 3 BRI Liga 1 2023/2024. PSIS Semarang yang tampil di depan puluhan ribu suporternya di Stadion Jatidiri menang 2-0 atas Persebaya Surabaya.

Nah, Bola.com telah mencatat setidaknya lima hal penting yang terjadi pada pekan 3 BRI Liga 1 2023/2024.

 

2 dari 7 halaman

Luis Milla Korban Pertama

Persib Bandung sebetulnya mampu terhindar dari kekalahan saat menahan imbang Dewa United 2-2. Apalagi hasil tersebut didapat dengan susah payah dan tanpa lelah.

Apa daya, manajemen Persib menilai performa Luis Milla sebagai pelatih jauh dari kata memuaskan. Alhasil, pelatih asal Spanyol itu 'dicoret' dari kursi panas.

Manajemen Persib mernyatakan bahwa Luis Milla mundur karena alasan keluarga. Well, apapun itu, eks pelatih Timnas Indonesia tersebut kini jadi korban pertama ganasnya persaingan di BRI Liga 1.

 

3 dari 7 halaman

Empat Tim Belum Meraih Kemenangan

Hasil imbang yang didapat Persib membuat tim berjulukan Pangeran Biru itu belum menang dari tiga laga perdana BRI Liga 1 2023/2024. Semua pertandingan berakhir remis.

Persib tidak sendiri, sebab ada tiga tim lainnya yang juga urung meraih kemenangan. Mereka adalah Persikabo 1973, Arema FC, dan Bhayangkara FC.

Khusus Bhayangkara FC, anak asuh Emral Abus itu bahkan selalu menelan kekalahan.

 

4 dari 7 halaman

Lumbung Gol

Selain itu, Bhayangkara FC dan Arema FC jadi dua tim dengan rekor kebobolan terbanyak (9). Itu artinya, mereka rata-rata kebobolan tiga gol tiap pertandingan.

Tidak ada tim lain yang mendekati catatan minor tersebut. Hanya Persikabo 1973, Persis Solo, dan Persib saja yang paling mendekati (6).

Sebaliknya, Persik Kediri di luar dugaan mampu menjadi tim paling produktif sejauh ini. Mereka mampu mendulang delapan gol meski duduk di tangga ke-11 klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024.

 

5 dari 7 halaman

Pembuktian Marko Simic

Dua gol yang disarangkan Marko Simic saat Persija Jakarta mengalahkan Bhayangkara FC 4-1 sekaligus membungkam kritik yang dialamatkan kepadanya. Apalagi gol keduanya menunjukkan betapa striker asal Kroasia itu belum habis.

Seperti diketahui, banyak suporter Persija Jakarta yang mencibir keputusan manajemen klub mendatangkan Simic. Selain usianya yang tak lagi muda, ada insiden tak menyenangkan beberapa musim lalu.

Sebelum angkat kaki dari Persija, Simic melayangkan protes secara terbuka dengan mengklaim bahwa gajinya tidak dibayarkan. Kubu Macan Kemayoran membantah dan berdalih gaji dibayar sesuai kontrak, yang mana upah memang dipotong karena pandemi COVID-19.

 

6 dari 7 halaman

Kemenangan Perdana Persija

Selain itu, fakta menarik lainnya adalah Persija pada akhirnya sukses memetik kemenangan. Dua laga sebelumnya, anak asuh Thomas Doll itu hanya meraih imbang.

Pertama ketika Persija berhadapan dengan juara bertahan BRI Liga 1, PSM Makassar. Laga pekan kedua juga sama, di mana Witan Sulaeman cs ditahan imbang Persikabo 1973 tanpa gol.

Persija, Barito Putera, Persib, dan Dewa United, jadi empat tim yang hingga pekan 3 BRI Liga 1 2023/2024 belum terkalahkan.

7 dari 7 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer