Sukses


BRI Liga 1: Brylian Aldama Jadi Korban Bullying Netizen, Begini Bentuk Kekecewaan Pelatih Persebaya

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengungkapkan kekecewaannya melihat pemainnya menjadi korban perundungan. Kejadian ini menimpa gelandang muda Persebaya, Brylian Aldama.

Ini menyusul kekalahan Persebaya dengan skor 0-2 saat berjumpa PSIS Semarang dalam pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024. Tim Bajul Ijo dipaksa takluk dalam laga yang berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (16/7/2023).

Mulanya, Brylian mengunggah sebuah tangkapan layar direct message (DM) di akun instagramnya @brylianaldamaa. Pesan itu memuat pernyataan yang menyinggungnya, namun belum diketahui nama akun yang mengirim pesan negatif itu.

Dalam pesan yang menyinggung itu, sang pengirim sampai membawa keluarga Brylian. Aji Santoso merasa seharusnya kritik hanya berkaitan dengan performa di lapangan, bukan ke ranah yang lain.

“Suporter di mana saja, kalau yang tidak terkait jangan disinggung-singgung, seperti orang tua atau keluarga tidak ada hubungannya. Saya pun dikritik tajam tidak ada masalah, tapi ke saya pribadi, jangan yang lain,” ujarnya, Selasa (18/7/2023).

“Ini yang harus lebih dewasa. Bagaimanapun juga Brylian Aldama tim Persebaya. Saya juga kecewa. Tetapi, Brylian juga tidak ingin seperti itu. Makanya di latihan juga selalu serius,” pesan Aji Santoso.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tetap Minta Aldama untuk Main Maksimal

Pesan negatif untuk Brylian Aldama itu itu bisa jadi merujuk pada penampilannya saat melawan PSIS. Gelandang berusia 21 tahun itu baru masuk di menit ke-68 dengan menggantikan pemain berpaspor Singapura, Song Ui-young, saat skor masih 0-0.

Hanya tiga menit setelah masuk, Brylian sebenarnya berkesempatan membawa timnya unggul dulu Itu bermula dari umpan silang Arief Catur Pamungkas di sisi kanan yang berhasil diselesaikan sundulan oleh Brylian Aldama. Sayang, tandukannya melenceng dari gawang PSIS.

Pada akhirnya, PSIS unggul dua gol lewat gol yang diborong oleh striker Carlos Fortes. Masing-masing tercipta dari eksekusi penalti (78’) dan open play (90+3'). 

Aji Santoso juga tetap mengingatkan kepada Brylian untuk tampil maksimal di pertandingan. Apalagi, timnya berpeluang unggul jika sundulannya masuk ke gawang PSIS.

“Saya selalu sampaikan berusaha untuk maksimal kalau ada peluang. Itu kondisinya masih 0-0. Kalau Brylian cetak gol, itu beda ceritanya. Brylian juga harus belajar dari pengalaman, supaya peluang-peluang dikonversi menjadi gol,” imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Dukungan Ze Valente

Sebelumnya, kapten Persebaya, Ze Valente, juga membuat pembelaan untuk rekannya itu. Dia malah meminta suporter atau siapapun untuk mengkritiknya sebagai pemimpin skuat Bajul Ijo di lapangan.

“Lebih menghormati pemain. Tinggalkan seluruh pemain, kritik saya saja. Keluarkan semua keburukan kamu kepadaku, tidak masalah. Saya bisa menerimanya dengan baik,” tulis Ze Valente.

Brylian sendiri sempat mencurahkan kekecewaan mendapat pesan bernada kasar dari orang yang masih belum diketahui identitasnya itu.

“Saya hanya manusia biasa, yang kapanpun bisa berbuat salah. Kalian boleh kritik apapun asalkan itu tertuju ke pribadi. Saya kecewa. Di sini saya hanya mencari nafkah,” tulis Brylian di story akun instagramnya membalas komentar miring itu.

“Jujur di hati saya yang sangat dalam menangis melihat ini, bahkan bawa-bawa ibu saya yang sudah almarhum. Saya tidak dendam marah dan permasalahin DM ini. Hanya saja buat pembelajaran untuk kalian semua supaya lebih berhat-hati. Saya cinta tim ini dan kota ini.”

 

4 dari 5 halaman

Bonek Tetap Beri Dukungan

Situasi ini membuat Bonek, suporter Persebaya, banyak memberikan dukungan kepada Brylian Aldama melalui kolom komentar di berbagai foto unggahan akun instagram resmi Bajul Ijo.

Bahkan, tak sedikit yang meminta masalah ini diusut tuntas karena bisa mengganggu mental pemain Persebaya.

Bonek juga memilih tetap memberikan dukungan penuh kepada Persebaya yang baru menelan kekalahan perdana di BRI Liga 1 2023/2024. Mereka ingin tim kebanggaannya segera bangkit dan kembali ke jalur kemenangan.

Berikutnya, mereka akan menjamu RANS Nusantara memasuki pekan keempat di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (23/7/2023).

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer