Sukses


BRI Liga 1: Bersua PSM di BRI Liga 1, Caretaker Persib Bakal Terapkan Taktik Berbeda

Bola.com, Bandung - Caretaker Persib Bandung, Yaya Sunarya, bakal menerapkan taktik berbeda saat bersua PSM Makassar pada laga pekan keempat BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu (22/7/2023) malam WIB.

Tim Maung Bandung belum pernah meraih kemenangan di BRI Liga 1 2023/2024. Persib Bandung hanya mampu bermain imbang kontra Madura United (1-1), Persib Bandung (3-3), dan Dewa United (2-2).

Tak ingin kembali gagal memetik tiga poin, Persib berambisi merengkuh kemenangan ketika berhadapan dengan PSM. Demi mewujudkan target tersebut, Tim Maung Bandung bakal menerapkan strategi berbeda.

"Sebagai pelatih tentunya kami punya skema tersendiri, tetapi sambil melihat bagaimana situasi menit ke menit berjalan dan potensi untuk mengganti pemain dengan mengubah formasi bisa saja terjadi," jelas Yaya Sunarya, Kamis (20/7/2023).

"Kami juga fokus dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya, tentu saya dan teman-teman dari tim pelatih Persib Bandung menyiapkan program dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya," ujar Yaya Sunarya.

 

2 dari 6 halaman

Menggelar Latihan Pagi

Carataker berusia 51 tahun itu juga sengaja menjalani latihan pagi di lapangan kepada pasukannya, di mana selama bersama Luis Milla kerap menjalani latihan sore hari.

"Ya, biasanya latihan sore, sekarang jadi pagi, kami ingin sesuatu hal yang membuat kami solid dan kami memiliki komitmen, tetapi komitmen itu ditunjang kebersamaan secara tim, baik itu oleh pemain, pelatih, dan ofisial," ungkap Yaya.

Rencananya, Persib Bandung akan bertolak ke Sulawesi Selatan pada Jumat (21/7/2023) pagi WIB, dengan kekuatan 22 pemain dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Namun, Yaya Sunarya belum bisa memastikan siapa saja pemain yang akan ditinggal saat Persib bertandang ke markas PSM Makassar.

"Besok akan terlihat siapa saja yang ditinggal. Yang pasti kami akan membawa pemain yang paling siap," kata Yaya sambil mengakhiri.

 

3 dari 6 halaman

Nick Kuipers Siap Tampil

Sementara itu, bek Persib Bandung, Nick Kuipers, terlihat semringah di tengah persiapan menghadapi laga tandang kontra PSM Makassar. Maklum pada awal Liga 1 musim ini, Kuipers sempat dipinggirkan Luis Milla.

Kini, pemain asal Belanda itu mengaku sudah sangat siap menghadapi PSM Makassar, baik secara fisik maupun mental. Meskipun lokasi pertandingan melawan PSM cukup jauh.

"Mengenai perjalanan, sejak dulu di Indonesia memang sudah bisa melakukan perjalanan jauh, jadi itu bukan masalah bagi saya bermain di Parepare," jelas Nick Kuipers usai latihan di Stadion Persib (Sidolig), Bandung, Kamis (20/7/2023).

"Kami tim yang kuat, pemain bekerja bersama-sama dan kami menjalani latihan dengan baik bersama coach Yaya Sunarya. Saya lihat pemain sudah siap dan ingin bertarung untuk bisa meraih tiga poin," lanjut Nick Kuipers.

 

4 dari 6 halaman

Bakal Lebih Kuat

Beragam masalah tengah dialami Persib Bandung, satu di antaranya adalah ditinggal pelatih Luis Milla. Kendati begitu, Nick Kuipers yakin Persib bakal semakin lebih kuat jika mampu mengatasi permasalahan yang ada.

"Kami banyak berbincang dan mungkin itu lebih dari sebelumnya. Jadi saya merasa senang untuk melihat tim bereaksi dalam menghadapi situasi ini. Saya melihat ke depan untuk bertanding melawan PSM," ungkap Nick Kuipers.

"Justru itu yang membuat saya menjadi lebih kuat. Jika ada hal negatif terjadi, saya ingin menunjukan diri saya kepada semua orang bahwa saya memang pantas berada di sini," tegasnya

"Memang ada beberapa hal terjadi, tapi itu sudah selesai sekarang, jadi kami fokus untuk menghadapi situasi yang baru dan beberapa hal positif. Kami fokus menatap ke depan bersama-sama," tambah sang pemain.

 

5 dari 6 halaman

Wajib Tampil 100 Persen

Disinggung mengenai kekuatan PSM Makassar, Nick Kuipers mengakui tim berjulukan Juku Eja tersebut merupakan lawan yang tangguh. Oleh karena itu, Kuipers meminta rekan setimnya tampil 100 persen demi mengalahkan PSM.

"Memang semua hal bisa terjadi seperti ketika mereka kalah, tetapi tetap menjadi lawan yang serius seperti yang kami lihat tahun lalu. Kami harus tampil dengan 100 persen untuk memastikan kami memainkan permainan yang bagus," tegas Nick.

Saat ini, Persib Bandung berada di 14 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan nilai tiga. Mereka tertinggal satu angka dari PSM Makassar yang berada tepat di atasnya.

6 dari 6 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer