Sukses


Setelah Masuk Polisi, Ramai-Ramai Pemain BRI Liga 1 Dipanggil PSAD untuk Piala Panglima 2023

Bola.com, Jakarta - Kekuatan sejumlah klub BRI Liga 1 2023/2024 pincang untuk pekan kelima. Sebab, beberapa pemain yang berstatus anggota TNI dipanggil kesatuannya untuk bermain di Piala Panglima 2023.

Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya, misalnya, yang masing-masing kehilangan Sandi Arta Samosir serta Alwi Slamat untuk akhir pekan ini.

Bersama pemain BRI Liga 1 yang juga prajurit TNI Angkatan Darat (AD) lainnya, Sandi Arta dan Alwi Slamat akan membela Persatuan Sepak Bola Angkatan Darat (PSAD) di Piala Panglima.

Persija akan bentrok dengan Persebaya dalam pekan kelima BRI Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Minggu (30/7/2023) malam WIB.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Komentar Thomas Doll dan Aji Santoso

"Sandi Arta, penyerang muda kami dari tim akademi, bersama tim Angkatan Darat Nasional di suatu tempat," ujar pelatih Persija, Thomas Doll, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, pelatih Persebaya, Aji Santoso, merespons kepergian Alwi Slamat ke PSAD untuk Piala Panglima. Arsitek berusia 53 tahun itu ogah untuk ambil pusing.

"Setelah melawan RANS Nusantara FC pada pekan lalu, Alwi Slamat pamit ke saya karena dia dipanggil untuk mengikuti Piala Panglima," imbuh Aji.

"Tentunya itu sebagai suatu kewajiban meski Alwi Slamat terikat kontrak dengan Persebaya. Tetapi tidak hanya dia saja, banyak pemain klub-klub BRI Liga 1 yang dipanggil. Saya tidak masalah," tuturnya.

3 dari 6 halaman

Persikabo 1973 Kehilangan 5 Pemain

Sebelumnya, Persikabo 1973 telah merilis empat pemainnya yang mengikuti Piala Panglima. Keempatnya adalah Syahrul Trisna, Manahati Lestusen, Guntur Triaji, dan Andy Setyo Nugroho.

Selain pemain-pemain di atas, PSAD juga diperkuat beberapa pemain BRI Liga 1 yang lain seperti bek PSS Sleman, Abduh Lestaluhu hingga winger Persib Bandung, Frets Butuan.

Dalam persiapan menuju Piala Panglima, Manahati Lestusen dkk. baru saja mengalahkan klub Liga 3, Persikad 1999, 2-0 dalam uji coba di Stadion Merpati, Depok, pada 26 Juli 2023.

4 dari 6 halaman

9 Pemain Ikut Pendidikan Polisi

Sementara itu, selain dipanggil PSAD ke Piala Panglima, beberapa pemain BRI Liga 1 juga akan absen sekitar lima bulan karena mengikuti pendidikan keplolisian.

Persija bahkan harus kehilangan bek Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri, yang memilih untuk menjadi polisi alih-alih bermain di BRI Liga 1 musim ini.

Selain Ferarri, delapan pemain BRI Liga 1 lainnya yang berasal dari Timnas Indonesia U-20 juga memprioritaskan masuk polisi meliputi Kakang Rudianto dari Persib Bandung hingga Ginanjar Wahyu dari Arema FC.

Selain itu, juga Frengky Missa dari Persikabo 1973, Ananda Raehan dari PSM Makassar, Dimas Juliono dari Bhayangkara FC, Faiz Maulana dari Bhayangkara FC, Rabbani Tasnim dari RANS Nusantara FC, dan Daffa Fasya dari Borneo FC Samarinda.

5 dari 6 halaman

Foto-Foto Uji Coba Persikad 1999 Vs PSAD

6 dari 6 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer