Sukses


Pecundangi Thailand, Timnas Indonesia U-23 Kian Pede Hadapi Vietnam di Final di Piala AFF U-23 2023

Bola.com, Rayong - Timnas Indonesia U-23 berhasil memecundangi Thailand U-23 pada semifinal Piala AFF U-23 2023. Kemenangan tersebut membawa Tim Garuda Muda melenggang ke final dan akan bersua Vietnam.

Menjalani laga di Rayong Province Stadium, Rayong, Kamis (24/8/2023) malam WIB, Timnas Indonesia U-23 yang lolos ke semifinal sebagai runner-up terbaik mendapat perlawanan sengit dari Thailand.

Berdasarkan statistik yang dicatat Lapangbola, tim asuhan Shin Tae-yong tersebut hanya mencatatkan 40 persen penguasaan bola, berbanding 60 persen milik Thailand.

Timnas Indonesia U-23 juga melepaskan 18 tembakan yang empat di antaranya mengarah ke gawang. Adapun Tim Gajah Perang memperoleh enam peluang bagus dari 13 kesempatan.

Meski tampil di bawah tekanan, Tim Garuda Muda berhasil merengkuh kemenangan. Kerja keras dan tampil solid sepanjang 90 menit membuat Ramadhan Sananta dkk. berhasil membungkam Thailand dengan skor 3-1.

Ketiga gol Timnas Indonesia U-23 dicetak Jeam Kelly Sroyer pada menit ke-10, Muhammad Ferarri menit ke-23, dan gol bunuh diri Natcha Prosomboon menit ke-45+1. Adapun Thailand U-23 hanya mampu membalas sekali lewat Chukid Wanpraphao (27').

 

2 dari 4 halaman

Kunci Sukses Kemenangan

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memuji usaha pantang menyerah anak asuhnya untuk meraih kemenangan kontra Thailand. Apalagi, Tim Garuda Muda mengalahkan Thailand yang berstatus tuan rumah Piala AFF U-23 2023.

"Kerja keras dan memberikan seluruh kekuatan maksimal menjadi kunci kemenangan di pertandingan ini," kata Shin Tae-yong di situs resmi PSSI.

"Kami apresiasi pemain Indonesia U-23 telah bermain bagus dan melawan tuan rumah," lanjut pelatih asal Korea Selatan itu selepas pertandingan.

 

3 dari 4 halaman

Makin Pede

Pada partai puncak, Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Vietnam di Rayong Province Stadium, Sabtu (26/8/2023) malam WIB. Vietnam U-23 berhasil menembus final setelah membungkam Malaysia dengan skor 4-1 di semifinal.

Kembali bersua lawan tangguh tak membuat Timnas Indonesia U-23 gentar. Shin Tae-yong justru menyebut anak asuhnya semakin percaya diri, karena sebelumnya berhasil mengalahkan Thailand.

"Kita akui empat negara yang lolos di semifinal semuanya sangat kuat," ucap eks pelatih Timnas Korea Selatan tersebut.

"Secara pribadi, saya pikir pertandingan final mendatang melawan Vietnam akan sangat bagus. Kemenangan atas Thailand juga menambah kepercayaan diri pemain," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Kemenangan Pertama Shin Tae-yong

Seluruh elemen Timnas Indonesia U-23 patut bersyukur atas kemenangan kontra Thailand, termasuk pelatih Shin Tae-yong. Sebab, ini adalah kali pertama STY mampu mengalahkan Thailand sebagai juru latih Timnas Indonesia di segala level umur.

Dari enam pertemuan sebelumnya, Shin Tae-yong tak pernah menang atas Thailand dengan catatan dua imbang dan empat kalah.

Video Populer

Foto Populer