Sukses


Penggawa Timnas Indonesia U-23 Wajib Tetap Fokus dan Tak Terlena Jelang Hadapi Vietnam di Final Piala AFF U-23 2023

Bola.com, Solo - Piala AFF U-23 2023 telah memasuki babak final. Timnas Indonesia U-23 bertemu Vietnam U-23 dalam laga puncak yang bakal digelar di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023) malam WIB.

Tim Garuda Muda sukses melenggang ke partai final Piala AFF U-23 2023 setelah menggilas Thailand dengan skor 3-1 dalam laga semifinal, Kamis (24/8/2023) malam WIB.

Tiga gol Timnas Indonesia U-23 dicetak oleh Jeam Kelly Sroyer pada menit ke-10, Muhammad Ferarri pada menit ke-23, dan satu lainnya hasil gol bunuh diri Natcha Promsomboon pada masa injury time babak pertama. Gol Thailand dicetak oleh Chudit Wanpraphao pada menit ke-27.

Sementara itu, Vietnam memastikan diri lolos ke final setelah menyingkirkan Malaysia dengan skor telak 4-1.

Gol Vietnam dicetak lewat brace Dinh Xuan Tien pada menit kedelapan dan 44', Nguyen Quoc Viet pada menit ke-32, dan Nguyen Hong Phuc pada menit ke-85. Sementara Malaysia membalas lewat aksi Alif Ikmalrizal pada menit ke-49.

Kini Timnas Indonesia U-23 hanya tinggal menjalani satu pertandingan lagi untuk bisa memastikan diri menjadi juara Piala AFF U-23 2023. Namun, jelas itu bukan hal yang mudah.

2 dari 5 halaman

Jangan Terlena

 

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto, menyebut kemenangan atas Tim Gajah Perang memang sangat membanggakan. Namun, Erwan juga menegaskan bahwa Ramadhan Sananta dkk. tidak boleh terlena.

Apalagi, Timnas Indonesia U-23 sebelumnya tak diunggulkan untuk lolos ke final. Jadi jangan sampai kemenangan atas tim tuan rumah membuat para pemain jemawa dan menganggap enteng lawan.

"Ibaratnya di final nanti mental pemain sudah teruji setelah mampu menang atas Thailand yang notabene tim kuat dalam turnamen ini," kata Erwan kepada Bola.com, Jumat (25/8/2023) siang.

"Namun, harus tetap diingat supaya pemain tidak langsung berpuas diri, tetap fokus, dan waspada. Final di depan mata, ayo sedikit lagi tuntaskan dengan kemenangan," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Membenahi Segala Kekurangan

 

Timnas Indonesia U-23 memang secara perkasa menghancurkan Thailand di kandangnya, tetapi tim Garuda Muda masih memiliki pekerjaan rumah yang harus diperbaiki.

Erwan Hendarwanto melihat masalah krusial yang kudu dibenahi adalah soal finishing atau penyelesaian akhir.

"Saya berharap barisan depan siapa pun yang diturunkan dapat mencetak gol sebanyak mungkin, apalagi kita lihat saat semifinal ada sejumlah peluang tapi gagal berbuah gol," ucapnya.

Mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu memahami minimnya persiapan jelang turnamen cukup berpengaruh kepada performa Indonesia dalam dua laga awal. Shin Tae-yong pun mengakui skuad yang dibawa ke Thailand bukan yang terbaik.

"Kita tahu sejak awal materi pemain yang diboyong ke Thailand lengkap karena ada beberapa pemain yang diinginkan pelatih, tetapi tidak dilepas klub. Namun, kalau berbicara final, mental dan keyakinan yang akan berbicara di lapangan," pungkasnya.

 

4 dari 5 halaman

Percaya Diri

Kemenangan meyakinkan atas Thailand tentu membuat kepercayaan diri Ramadhan Sananta dkk. meningkat. Sebelumnya mereka harus melalui fase grup dengan hasil kurang mengesankan. Bahkan, lolos ke semifinal sebagai runner-up terbaik.

Namun, pada babak empat besar, Timnas Indonesia U-23 mampu bangkit. Meski secara permainan performa Garuda Muda belum bisa dikatakan sempurna, tetapi hasil positif tersebut setidaknya menjadi modal bagus jelang laga final nanti.

Hal itu dibenarkan oleh Shin Tae-yong. Terlebih lawan yang akan dihadapi di partai pemungkas punya kekuatan yang sama bagusnya dengan Thailand.

"Kami akui empat negara yang lolos di semifinal sangat kuat. Secara pribadi, saya pikir laga final melawan Vietnam akan sangat bagus. Kemenangan atas Thailand juga menambah kepercayaan diri pemain," tutur Shin.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Final

Final Piala AFF U-23 2023

Timnas Vietnam U-23 Vs Timnas Indonesia U-23

Jadwal: Sabtu, 26 Agustus 2023

Kick-off: 20.00 WIB

Venue: Rayong Provicial Stadium, Thailand

Live: SCTV

Streaming: Vidio

Video Populer

Foto Populer