Sukses


Pro Kontra Goodbye AFF: Haruskah Ada Desakan Indonesia Keluar Setiap Kali Gagal di Turnamen?

Bola.com, Jakarta Tagar Goodbye AFF menjadi trending di Twitter Indonesia, selama dua hari setelah Piala AFF U-23 2023. Timnas Indonesia U-23, harus puas menjadi runner-up setelah kalah dari Vietnam lewat adu penalti.

Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, meminta Timnas Indonesia untuk mempertimbangkan tidak ikut Piala AFF lagi jika pemain Vietnam yang menghantam bek Timnas Indonesia U-23, Haykal Alhafiz, tak disanksi oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Bek Vietnam U-23, Nguyen Hong Phuc, melakukan tindakan berbahaya kepada Haykal Alhafiz dalam babak final Piala AFF U-23 2023 Thailand di Rayong Province Stadium, Rayong, pada Sabtu (26/8/2023) malam WIB.

Kepala Haykal Alhafiz disikut oleh Nguyen Hong Phuc pada menit ke-113. Pemain asal PSIS Semarang itu sampai harus mendapatkan perawatan dari tim medis Timnas Indonesia U-23.

Anehnya, wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara, tidak memberikan kartu untuk aksi bengis dari Nguyen Hong Phuc tersebut.

"Jika pemain ini tidak disanksi oleh AFF, Timnas Indonesia harus bersuara dan mempertimbangkan untuk tidak terlibat lagi dalam turnamen AFF," tulis Achsanul dalam akun Instagramnya, @achsanul.qosasi, Minggu (27/8/2023).

"Setelah melanggar, mestinya dia mendatangi Haykal dan menunjukkan respeknya," ujar pria yang juga anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tersebut.

Bila memutuskan untuk menarik diri dari turnamen naungan AFF, maka Timnas Indonesia tidak akan berpartisipasi di Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, Piala AFF U-23, dan Piala AFF senior.

 

Desakan Indonesia meninggalkan AFF bukan kali pertama. Tahun lalu, setelah Piala AFF U-19, juga muncul desakan serupa. 

Ketua PSSI saat itu, Mochamad Iriawan, mempertanyakan sportivitas Vietnam dan Thailand yang terlihat bermain mata pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022. Kedua tim dituding tak bermain secara fairplay.

Tudingan Mochamad Iriawan itu mengacu kepada duel Vietnam Vs Thailand yang berakhir dengan skor 1-1. Situasi ini membuat Timnas Indonesia U-19 tersingkir karena kalah secara head to head.

Laga Vietnam Vs Thailand mendapatkan sorotan publik karena keduanya dianggap bermain mata. Kedua tim terlihat bermain ogah-ogahan dalam 15 menit terakhir pertandingan.

Hasil ini membuat Vietnam keluar sebagai juara Grup A Piala AFF U-19 2022, sedangkan Thailand menjadi runner-up. Kedua tim dipastikan mewakili Grup A pada laga semifinal

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pro Kontra Netizen

3 dari 5 halaman

Mempertanyakan

4 dari 5 halaman

Jangan Cengeng

5 dari 5 halaman

Tidak Ada Perubahan

Video Populer

Foto Populer