Sukses


Exco PSSI Minta Viking dan The Jakmania Rekonsiliasi Perdamaian Buntut Rivalitas yang Kembali Memanas Setelah Persija Vs Persib

Bola.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, meminta suporter Persib Bandung, Viking dan Bomber, serta pendukung Persija Jakarta, The Jakmania, untuk melakukan rekonsiliasi.

Arya menginginkan Viking dan Bomber untuk berdamai dengan The Jakmania hingga ke akarnya buntut kembali memanasnya rivalitas antarsuporter pasca-Persib berhadapan dengan Persija Jakarta di BRI Liga 1 2023/2024.

Persib memaksa Persija, yang bertanding dengan sepuluh orang sejak menit ke-74, bermain imbang 1-1 dalam pekan ke-11 BRI Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (2/9/2023) sore WIB.

Di media sosial, beredar video bentrokan antarsuporter Persija di luar Stadion Patriot. Selain itu, juga viral seorang penonton yang diduga suporter Persib dikeroyok oleh The Jakmania.

2 dari 7 halaman

Koordinasi dengan Viking, Bomber, dan The Jakmania

Di Bandung, seorang netizen bercerita bahwa keluarganya mendapatkan intimidasi dari warga yang diyakini suporter Persib karena bermobil plat B, yang identik dengan kendaraan asal Jakarta.

"Sejak pagi ini, kami sudah berkoordinasi dengan Viking dan Bomber dengan The Jakmania. Kami meminta supaya dilakukan pertemuan dan rekonsiliasi secepatnya di akar rumput," ujar Arya.

Arya menekankan rekonsiliasi antar fans Persib dengan fans Persija perlu menyentuh akar rumput hingga koordinator wilayah (korwil) di daerah perbatasan Jawa Barat atau Bandung dengan Jakarta.

3 dari 7 halaman

Live Instagram Bareng

"Rekonsiliasi sampai di level akar rumput, khususnya di daerah korwil perbatasan antara suporter Persib dengan Persija. Langkah ini dilakukan sebab kami percaya bahwa teman-teman di elitenya suporter itu oke," imbuh Arya.

Pria yang juga Komite Ad Hoc Suporter PSSI itu mencontohkan ketika Ketua Viking, Tobias Ginanjar bisa live Instagram bareng dengan Ketua The Jakmania, Diky Budi Ramadhan, sebelum duel Persija kontra Persib.

"Bahkan sebelum pertandingan, Tobias dan Diky live Instagram bersama-sama. Tapi ternyata, di bawah kejadian seperti kemarin. Jadi saya sudah dorong mereka untuk melakukan pertemuan," ucap Arya.

4 dari 7 halaman

Supaya Tidak Merembet

"Tidak hanya di atas, tapi sampai level akar rumput di bawah supaya ada rekonsiliasi dan tidak merembet ke depannya," kata Arya.

"Tidak ada dendam. Kami coba untuk mendamaikan hingga level bawah. Ini yang kami lakukan dengan mendorong teman-teman Viking, Bomber dan teman-teman The Jakmania," ucap Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir, tersebut.

5 dari 7 halaman

Bentrok Sesama Suporter

6 dari 7 halaman

Kejadian di Bandung

7 dari 7 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer