Sukses


Temui Shin Tae-yong di Locker Room, Erick Thohir Singgung Masa Depan Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Solo - Ketua PSSI, Erick Thohir, langsung menyambangi para pemain sekaligus pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, selepas duel kontra Chinese Taipei pada lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023) malam WIB, Tim Garuda Muda meraih kemenangan sembilan gol tanpa balas.

Kesembilan gol Timnas Indonesia U-23 disarangkan Marselino Ferdinan pada menit ke-3 dan 58', Ramadhan Sananta menit ke-6, serta Rafael Struick menit ke-19.

Adapun gol lainnya Tim Garuda Muda dicetak Witan Sulaeman menit ke-29, Ilham Rio Fahmi menit ke-40, Elkan Baggott menit ke-56, Hokky Caraka menit ke-78, dan Arhan Kaka menit ke-85.

Erick Thohir mengaku terkesan dengan permainan Timnas Indonesia U-23 yang berhasil meraih kemenangan besar atas Chinese Taipei U-23.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pemain Masa Depan

Menurut Erick, para pemain yang memperkuat skuad Garuda Muda pada laga ini merupakan bintang masa depan Timnas Indonesia. Selain berpotensi tampil di Piala Asia U-23 2024, mereka juga kemungkinan berlaga di Olimpiade Paris 2024.

"Tadi saya masuk ke locker room. Saya sampaikan kepada coach Shin Tae-yong, dan tentu saya berharap ini kita benar-benar fokus tim ini masa depan kita," ujar Erick Thohir kepada awak media setelah pertandingan.

"Karena, kita berharap tentu kalau 12 September nanti bermain baik, kita bisa masuk ke Piala Asia U-23 2024 di Qatar pada April 2024. Sehingga, itu merupakan babak Kualifikasi Olimpiade 2024," lanjutnya.

 

3 dari 5 halaman

Tidak Boleh Terlena

Selain itu, lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyebut, kesempatan tampil di Olimpiade 2024 juga harus menjadi motivasi Rizky Ridho dan kawan-kawan.

Tak hanya itu saja, mereka juga harus berhati-hati untuk menatap laga selanjutnya. Erick tak ingin skuad Garuda Muda terlena saat berjumpa Turkmenistan U-23, setelah menang telak sembilan gol tanpa balas atas Chinese Taipei U-23.

"Lalu, untuk para pemain, saya bilang, 'Anda bersedia nggak bermain di Olimpiade?'. Tetapi kembali lagi, jangan sampai kemenangan 9-0 ini membuat kita terlena," ujar Erick Thohir.

"Turkmenistan juga tak bisa dianggap sebelah mata karena mereka waktu itu menang 4-0. Dan beberapa pemain yang kemarin bergabung dengan tim seniornya akan bergabung dengan tim U-23-nya ini," imbuhnya.

 

4 dari 5 halaman

Hadiah Hari Olahraga Nasional

Pengusaha asal Jakarta itu juga menyinggung kemenangan ini menjadi hadiah spesial bagi peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh setiap 9 September.

"9 September adalah Hari Olahraga Nasional. Kemenangan hari ini adalah hadiah bagi Haornas yang memang lahirnya di Solo setelah Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama. Selamat kepada Indonesia, skornya juga pas lagi, 9-0," ujarnya.

 

5 dari 5 halaman

Kans Lolos ke Putaran Final

Berkat kemenangan telak tersebut, Timnas Indonesia U-23 membuka peluangnya untuk lolos ke putaran final. Mereka sukses mengungguli Turkmenistan U-23 di Grup K.

Tim Garuda Muda berada di posisi teratas dengan nilai tiga, unggul selisih gol atas Turkmenistan di posisi kedua. Dengan kata lain, hasil imbang melawan Turkmenistan pada 12 September 2023, sudah cukup membawa Rizky Ridho dkk. lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer