Sukses


Striker Timnas Indonesia U-23 Tak Ada yang Cetak gol ke Gawang Turkmenistan, Shin Tae-yong Tak Khawatir

Bola.com, Solo - Striker Timnas Indonesia U-23 sedang tidak menemukan harinya. Mereka tidak bisa mencetak gol pada laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 melawan Turkmenistan, Selasa (12/9/2023) malam.

Meski demikian, Timnas Indonesia U-23 tetap bisa mengamankan kemenangan 2-0 di Stadion Manahan, Solo. Dua gol pada laga itu dicetak oleh Ivar Jenner dan Pratama Arhan.

Kemenangan 2-0 itu membuat Timnas Indonesia U-23 menjadi juara Grup K. Mereka juga dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 yang akab berlangsung di Qatar, April mendatang.

Meski para strikernya tidak ada yang mencetak gol ke gawang Turkmenistan, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong tak khawatir. Sejak awal, ia memang memiliki filosofi permainan yang tak mewajibkan striker untuk selalu bisa mencetak gol.

"Filosofi sepak bola yang saya miliki memang bukan striker yang harus selalu cetak gol," ujar Shin selepas laga.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Siapa Saja Bisa

Menurut Shin Tae-yong, siapa saja bisa mencetak gol dalam sistem permainan yang dikembangkan tim asuhannya. Ia kemudian berbicara kembali mengenai laga melawan Chinese Taipei beberapa hari lalu.

Pada laga itu, Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan besar 9-0. Menariknya, ada delapan pemain yang masuk papan skor pada pertandingan itu.

"Jadi selain kiper siapa saja bisa cetak gol dari berbagai posisi. Kami selalu tegaskan, pemain untuk fokus dan siapa saja bisa cetak gol," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Fokus

Shin Tae-yong kemudian memuji bagaimana para pemain asuhannya memiliki fokus yang sangat baik dalam laga melawan Turkmenistan. Mereka juga tenang ketika ditekan lawan.

Menurut Shin, fokus yang dilakukan selama 90 menit itu berperan penting dalam banyaknya gol yang diciptakan skuad Garuda Muda dalam dua laga di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

"Hari ini dan kemarin juga sama kami fokus pada permainan seperi itu. Kami bisa cetak gol yang banyak juga," tandasnya.

Video Populer

Foto Populer