Sukses


Kirgistan Nyatakan Keseriusan Berkiprah di Piala AFF, Rival Timnas Indonesia Makin Panas

Bola.com, Bishkek - Federasi Sepak Bola Kirgistan (KFU) menyatakan keseriusannya untuk bermain di turnamen yang dinaungi Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Presiden KFU, Mederbek Sydykov, telah melakukan pertemuan dengan Presiden AFF, Samet Khiev dan Sekjen AFF, Winston Lee, pada 10 Oktober 2023.

"Pertemuan tersebut membahas isu perkembangan sepak bola di Kirgistan," tulis KFU dalam narasi pemberitaan di lamannya.

"Selain itu, juga kemungkinan keikutsertaan Kirgistan di turnamen di bawan naungan AFF," imbuh asosiasi berusia 31 tahun tersebut.

2 dari 5 halaman

Ranking FIFA Kirgistan

Kirgistan adalah anggota Federasi Sepak Bola Asia Tengah (CAFA) bersama Timnas Afghanistan, Timnas Iran, Timnas Tajikistan, Timnas Turkmenistan, dan Timnas Uzbekistan.

Di CAFA Nations Cup 2023 pada 10-20 Juni 2023, Kirgistan menduduki posisi keempat dari tujuh negara setelah Iran, Uzbekistan, dan Timnas Oman.

Saat ini, Kirgistan berada di peringkat ke-96 ranking FIFA per 21 September 2023 dengan 1228,6 poin.

3 dari 5 halaman

Pesaing Timnas Indonesia Bertambah

Kemungkinan bergabungnya Kirgistan membuat pesaing Timnas Indonesia di Piala AFF bertambah. Biasanya, tim berjulukan Skuad Garuda itu sikut-sikutan dengan Timnas Thailand, Timnas Vietnam, hingga Timnas Malaysia.

Kirgistan pernah berhadapan dengan Timnas Indonesia yang sama-sama menurunkan pemain U-24 di Grup F Asian Games 2022 China.

Ketika itu, timnas U-24 sukses mengalahkan Kirgistan U-24 dengan skor 2-0 lewat gol Ramai Rumakiek dan Hugo Samir pada 19 September 2023.

4 dari 5 halaman

Proyek Bersama

Sementara di level senior, kedua kesebelasan baru bertemu dua kali. Timnas Indonesia menang 4-0 dalam uji coba pada 2013 dan kalah 0-1 dalam Aceh World Solidarity Tsunami Cup 2017.

Dalam FIFA Matchday terakhir, Kirgistan dipermalukan wakil AFF, Timnas Filipina 0-1 di Al Muharraq Stadium, Arad, Bahrain, pada 15 Oktober 2023.

"Para pemimpin organisasi sepak bola juga menyatakan kesiapan mereka untuk memulai proyek bersama baru," ujar KFU.

5 dari 5 halaman

12 Anggota AFF

AFF memiliki 12 anggota yang terdiri dari Timnas Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Timnas Singapura, Timnas Filipina, Timnas Myanmar, Timnas Kamboja, Timnas Laos, Timnas Timor Leste, Timnas Brunei Darussalam, dan Timnas Australia.

Australia bergabung dengan AFF pada 2013, namun timnasnya tidak bermain di Piala AFF senior, melainkan U-16 dan U-19.

Video Populer

Foto Populer