Sukses


Pelatih Anyar PSS Sleman Dinanti Tugas Berat di BRI Liga 1

Bola.com, Sleman - PSS Sleman punya pelatih baru. Dia adalah Risto Vidakovic. Arsitek asal Serbia itu diperkenalkan pada Kamis (16/11/2023).

Risto Vidakovic menggantikan peran Bertrand Crasson. Presiden Direktur PT Putra Sleman Sembada, Gusti Randa mengungkap alasan mendatangkan sang pelatih.

"Kami mendatangkan pelatih baru untuk PSS di putaran kedua yaitu Risto Vidakovic. Pengalaman dia di Indonesia dan cara dia melatih," ujar Gusti Randa.

"Strateginya dalam meracik tim jadi alasan PSS meminang dia," sambung Artis sekaligus mantan Plt Ketua Umum PSSI itu.

Gusti Randa menyebut nakhoda anyar PSS Sleman bukan pelatih ecek-ecek. Risto Vidakovic juga bukan wajah baru di sepak bola Asia Tenggara. Dia tercatat pernah melatih sejumlah klub Singapura, Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pernah Latih Borneo FC

Klub Indonesia yang pernah dibesutnya yakni Borneo FC. Namun, kebersamaan Risto dan Pesut Etam tak berlangsung lama. Didatangkan pada Oktober 2021, dia kemudian mengundurkan diri per Januari 2022 karena alasan keluarga.

Kariernya di Liga Tanah Air memang tidak berlangsung lama. Namun, kata Gusti Randa, saat menangani klub-klub luar negeri, pelatih berpaspor Spanyol itu mampu menorehkan catatan positif di beberapa klub terakhir yang ditanganinya.

"Track record dia sebagai pelatih tidak perlu diragukan. Dia menonjol dengan kepemimpinan dan strateginya dalam membangun sebuah tim," paparnya.

 

 

3 dari 5 halaman

Didampingi Asisten Pelatih Anyar

Risto Vidakovic tidak sendirian. Juru taktik yang pernah berseragam Real Betis pada medio 1994 hingga 2000 itu akan didampingi asisten pelatih, Srdan Lopicic.

Lopicic juga tidak asing dengan sepak bola Indonesia. Semasa aktif bermain, dia pernah bermain di beberapa klub Tanah Air. Sebut saja Persisam, Surabaya United, Persela Lamongan, Arema Cronous, Persiba Balikpapan hingga Borneo FC.

"Kami yakin dengan penunjukan Risto akan membawa angin segar bagi tim PSS di putaran kedua. Kami ingin segera keluar dari papan bawah dan bisa meraih poin lebih banyak baik kandang maupun tandang," ucap Gusti Randa.

 

 

4 dari 5 halaman

Dinanti Tugas Berat

Juru taktik berusia 54 tahun itu tiba di Bumi Sembada pada Kamis (16/11/2023). Setibanya di Sleman, Risto langsung memimpin latihan Laskar Sembada.

Tugas perdana yang ia emban cukup berat. Dia diharapkan bisa membenahi dan menaikkan performa tim yang bapuk disepanjang musim ini.

Laskar Sembada saat ini masih terpaku di papan bawah klasemen sementara BRI Liga 1. PSS Sleman berada di posisi 14 dengan torehan 20 poin. Mereka cuma berjarak dua setrip dari batas zona degradasi yang ditempati Arema FC dengan tabungan 18 angka.

PSS Sleman cukup lama paceklik kemenangan di Liga 1. Tim Super Elang Jawa bahkan melewati 10 pertandingan terakhir dengan hasil mengecewakan. Mirisnya lagi, mereka cuma mampu mendulang lima poin saja dari jumlah laga tersebut.

Pada laga selanjutnya, PSS Sleman akan berhadapan dengan Barito Putera dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-20. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Minggu (26/11/2023).

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer