Sukses


Romansa Sepak Bola Indonesia Selama 2023, Kian Tumbuh Hebat dan Kuat Bersama BRI

Bola.com, Jakarta - Tahun 2023 bisa disebut sebagai tahun yang membanggakan buat sepak bola Indonesia. Selain berprestasi, komitmen dukungan dari sponsor turut membangkitkan gairah sepak bola nasional.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menjadi satu di antara sponsor yang ikut serta mendampingi perkembangan sepak bola nasional sepanjang 2023. Romansa sepak bola nasional tahun ini bermula dari keberhasilan Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas SEA Games 2023.

Seluruh penjuru bangsa dari Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dibuat bangga dengan pencapaian tim yang dijuluki Garuda Muda tersebut. Maklum, kepingan medali emas itu menjadi yang pertama diraih Timnas Indonesia dari cabang olahraga sepak bola, setelah mengalami paceklik selama 32 tahun.

"Alhamdulillah, penantian 32 tahun berakhir. Timnas Indonesia berhasil membawa pulang emas di SEA Games 2023. Alhamdulillah ya Allah, Engkau ridhoi perjuangan anak-anak kami. Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat. Emas ini bukti bangsa kita adalah bangsa pejuang," kata Ketua Umum PSSI yang juga Menteri BUMN, Erick Thohir.

Atlet SEA Games menerima bonus dari pemerintah. (Foto: Istimewa)

Raihan medali emas SEA Games 2023 diganjar bonus dari pemerintah yang disalurkan melalui Bank BRI. Seluruh atlet peraih medali termasuk skuad Timnas Indonesia U-23 ketika itu diberikan bonus melalui produk BRI, yakni Tabungan BRI Britama Bisnis. Sebanyak 620 rekening baru telah dibuka di Kantor Cabang BRI Palmerah, Jakarta yang disertai dengan kartu ATM Britama Bisnis.

"Ini merupakan sebuah kehormatan karena BRI dilibatkan secara langsung. Bonus dan apresiasi akan diberikan kepada atlet maupun pelatih yang disalurkan melalui BRI,” kata Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, Sunarso, pada awal awal Juni 2023.

BRI selalu menjadi mitra pemerintah saat memberikan apresiasi kepada para atlet yang berprestasi pada SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade. Belakangan juga semakin terlibat dalam sepak bola sejak menjadi sponsor Liga 1 pada 2021.

-----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kemudahan Tiket Hingga Bus Baru

Kebahagiaan meraih medali emas SEA Games 2023 melanjutkan romansa-romansa lain pada sepak bola nasional. Pada Juni 2023, Timnas Indonesia mendapatkan kesempatan menjajal juara Piala Dunia 2022, Argentina, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Duel yang berlangsung pada 19 Juni 2023 nyatanya mampu menyedot animo tinggi dari masyarakat. Jauh sebelum event akbar itu bergulir, penggila sepak bola di Tanah Air harus berlomba mendapatkan tiket nonton pertandingan.

Sebagai mitra PSSI, Bank BRI ketika itu memberikan kemudahan buat nasabahnya untuk meraih tiket pertandingan Timnas Indonesia Vs Argentina. Pemilik kartu Bank BRI mendapatkan jalur ekspress dengan mengikuti sesi penjualan pertama pada 5 Juni, sedangkan jalur umum dijual dua hari setelahnya.

"Alhamdulillah kalau dilihat hari ini dalam waktu sembilan menit, ya itu 20 ribu tiket terjual," kata Erick Thohir saat itu.

Sebuah bus baru yang akan menjadi sarana transportasi Timnas Indonesia diperkenalkan jelang laga FIFA Matchday melawan Timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/6/2023). Pemberian bus baru untuk Timnas Indonesia dilakukan Bank BRI sebagai komitmen mendukung perkembangan sepak bola nasional. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Tak cukup sampai di sana, Bank BRI kemudian memberikan kejutan lain sehari jelang laga Timnas Indonesia Vs Argentina (18/6/2023). Di sisi SUGBK, BRI resmi menyerahkan satu unit bus kepada PSSI untuk kendaraan operasional Timnas Garuda.

Bus baru Timnas Indonesia berkelir merah. Di bagian sisi kanan terdapat tulisan besar 'Indonesia' dan dilengkapi gambar burung garuda berwarna coklat.

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, memberikan apresiasi terhadap Bank BRI yang memberikan bus baru untuk Timnas Indonesia. Menurut Amali, dukungan BRI bakal mempermudah mobilitas skuad Merah Putih.

"Sejak 2020, kami sudah tidak punya bus. Sponsor sudah lama menghentikan dukungan. Sekarang tiba-tiba BRI kasih dukungan. Apresiasi kami untuk BRI," ucap Zainudin Amali.

Sementara itu, pemberian bus baru untuk Timnas Indonesia dilakukan Bank BRI sebagai komitmen mendukung perkembangan sepak bola nasional. Adanya dukungan bus baru diharapkan bisa memotivasi pemain untuk meraih prestasi.

"Komitmen kami untuk dukung pertumbuhan sepak bola indonesia, maka sore ini kami serahkan kepada PSSI 1 unit bus yang akan dipakai untuk timnas," kata Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto, pada 18 Juni 2023. 

3 dari 4 halaman

Komitmen Mendukung Kesuksesan Liga 1

Masih pada bulan yang sama, BRI kembali berkomitmen untuk mendukung perkembangan sepak bola nasional dengan menjadi sponsor untuk Liga 1 2023/2024. Dengan mengusung tagar #BolaPemersatuBangsa hingga #BRIPalingBola, kompetisi kasta teratas Indonesia itu menggunakan nama BRI Liga 1 2023/2024.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Sunarso, mengaku sepak bola sebagai olahraga favorit di Indonesia sesuai dengan karakteristik BRI sebagai bank rakyat yang menjangkau seluruh Indonesia.

"BRI itu bank-nya rakyat dan menjadi bank dengan nasabah terbanyak. Akan tetapi, nasabahnya adalah rakyat level bawah yang kita sebut bisnisnya UMKM terutama di mikro," kata Sunarso pada acara konferensi pers di Jakarta, Senin (26/06/2023).

Sunarso menambahkan, sepak bola merupakan olahraga yang dekat dengan rakyat. Semua lapisan masyarakat menyukai sepak bola dan bisa memainkannya di stadion besar hingga gang-gang kampung.

"Jadi, maka keputusan kami adalah sepak bola. Apa benefitnya? BRI banknya rakyat, ditugaskan negara untuk menciptakan created economy value sekaligus social value," tegas Sunarso.

<p>Selebrasi pemain Rans Nusantara FC, Evandro Brandao (kanan) setelah mencetak gol pertama ke gawang Persija Jakarta pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (22/10/2023) malam WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)</p>

BRI tak gegabah dalam mengambil keputusan untuk menjadi sponsor title Liga 1 2023/2024. Menurut Sunarso, semakin membaiknya situasi Indonesia dari COVID-19 membuat pihaknya makin yakin menjadi sponsor.

"Alhamdulillah, perubahan ekonomi dalam satu putaran liga mencapai Rp9 triliun dan selama kompetisi membutuhkan tenaga kerja hingga 44 ribu orang," kata Sunarso.

Tak melulu soal keuntungan rupiah, BRI juga merasakan manfaat secara langsung dari Liga 1. Dalam indeks pencapaian sponsor itu, BRI mendapatkan peningkatan seperti brand awareness dan jumlah pengguna aplikasi BriMo.

Sementara itu, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, bersyukur bisa kembali menjalin kerja sama dengan BRI. Menurut Ferry, terjadi proses negosiasi yang alot sampai akhirnya kedua pihak mencapai kesepakatan.

"Tentunya sebagai operator, Liga Indonesia sangat bersyukur hari ini sudah bisa sama-sama kita saksikan ada lanjutan kerja sama setelah hampir satu bulan kita berjibaku bersama Pak Sunarso dkk. Keras sekali, jadi pertarungannya keras," ucap Ferry Paulus.

"Bagaimana kita meningkatkan valuasi, akan tetapi endingnya sponsornya bisa meningkat. Syukur Alhamdulillah, semuanya bisa kita sandingkan. Kami tahun ini meningkat yang sangat signifikan. Memang ada sinergitas dan nilai dari Liga yang sekarang ini akan bergulir," tegas Ferry Paulus.

4 dari 4 halaman

Mendunia Bersama

Tahun 2023 juga akan tertulis manis dalam sejarah Indonesia karena berhasil menggelar Piala Dunia U-17. Ini merupakan event pertama FIFA yang berlangsung di Indonesia.

PSSI selaku Panitia Nasional Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 mendapatkan dukungan penuh dari sejumlah pihak, termasuk BRI. Melalui produknya yakni BRImo, BRI resmi menjadi Official Tournament Supporters.

Untuk memeriahkan turnamen dua tahunan itu, BRI memanjakan nasabahnya dengan sejumlah promo menarik yang berada di booth venue Piala Dunia U-17 2023. Sejumlah penawaran menarik pun dinikmati masyarakat Indonesia.

 

"Kita tahu Indonesia merupakan negara dengan penggemar sepak bola terbanyak di dunia. Oleh karena itu, BRI akan selalu mendukung kemajuan sepak bola Indonesia serta membantu mewujudkan cita-cita talenta muda sepak bola Indonesia untuk dapat berlaga dan mencatatkan prestasi di kancah global," jelas Sunarso.

<p>Pemain Timnas Maroko U-17, Mohamed Hamony melepaskan umpan saat menghadapi Timnas Ekuador U-17 pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)</p>

Menjadi Official Tournament Supporters Piala Dunia U-17 2023 membuat BRI semakin mendunia. Nama BRImo tentu tersohor ke seluruh penjuru dunia, karena terpampang di LED Board pada pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Pada 16 Desember nanti, BRI akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) perseroan ke-128. Usia yang sudah sangat matang sehingga diharapkan bisa terus tumbuh semakin hebat dan kuat.

Doa masyarakat Indonesia, terutama pencinta sepak bola di Tanah Air, tentu akan mengiringi langkah BRI dalam memasuki usia baru. Harapannya sangat sederhana, agar BRI bisa mengiringi langkah Timnas Indonesia dalam mencapai prestasi dan memajukan sepak bola nasional melalui komitmen-komitmen kerja sama sponsorship.

Video Populer

Foto Populer