Sukses


BRI Liga 1: Tekad PSS Sleman Jauhi Zona Degradasi, Bagaimana Caranya?

Bola.com, Sleman - Hingga pekan ke-21,  PSS Sleman masih tertahan di papan bawah klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024. Mereka berada di urutan ke-13 dengan torehan 23 poin.

Klub yang dijuluki Super Elang Jawa itu menelan delapan kekalahan, delapan hasil imbang, dan cuma meraih lima kemenangan. Terbaru, mereka kalah 0‐1 dari PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (3/12/2023).

Kalau tidak segera berbenah, ancaman degradasi kian membayangi. PSS Sleman kini terpaut lima angka saja dari batas zona merah atau peringkat 16 yang ditempati Arema FC.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bangkit dari Keterpurukan

Posisi mereka juga rawan tergusur karena pesaing terdekat, yakni Persebaya Surabaya dengan 23 poin baru memainkan 19 laga. Kondisi sulit ini disadari betul oleh pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic.

"Kami masih dalam proses untuk maju dan butuh sebuah perubahan. Tidak mungkin untuk merubah semuanya dalam satu momen. Jadi kami akan bergerak selangkah demi langkah," ucap Risto.

Arsitek asal Serbia itu berharap timnya segera bangkit dari keterpurukan. Masih ada dua laga lagi yang dimainkan PSS Sleman pada Desember ini. Yang pertama mereka bakal menjamu RANS Nusantara di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Jumat (8/12/2023) malam WIB.

Kemudian, bertandang ke markas Persija Jakarta pada pekan ke-23 Liga 1, Sabtu (16/12/2023) malam WIB. Laga ini berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

3 dari 5 halaman

Kerja Keras

Risto Vidakovic mengatakan, tiga poin jadi hal penting dalam setiap pertandingan. Meski tidak mudah, dia yakin kalau seluruh elemen tim bekerja keras, target tersebut bisa terwujud.

"Tentu saja target kami ingin memenangkan setiap pertandingan. Tujuannya jelas adalah untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di klasemen," tegas juru taktik berusia 51 tahun itu.

Hal senada juga diungkapkan penyerang anyar PSS Sleman, Ajak Riak. Pemain Timnas Sudan Selatan itu berjanji memberikan yang terbaik di musim perdananya bersama PSS Sleman.

"Tentu saja kami akan bekerja keras sebagai sebuah tim. Soal adaptasi juga tidak ada masalah. Semua berjalan baik, ini hanya waktu yang singkat dan saya tahu datang ke klub dalam periode yang sulit," katanya.

4 dari 5 halaman

Jeda Panjang

Setelah pekan ke-23, kompetisi kasta tertinggi sepak bola Tanah Air akan diliburkan selama sebulan. Ini karena pada Januari 2024 Timnas Indonesia bakal menjalani duel pada Piala Asia 2023 di Qatar.

Setelah libur Januari 2024, kompetisi dilanjutkan satu matchday pada awal Februari. Kemudian disetop lagi selama tiga pekan karena agenda Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pasca Pemilu, Liga 1 kembali bergulir pada 22 Februari 2024.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Kesayanganmu saat Ini

Video Populer

Foto Populer