Sukses


Pandangan Pelatih Persib dan Persik usai Wasit asal Jepang Memimpin Laga BRI Liga 1

Bola.com, Bandung - Pertandingan antara Persib Bandung kontra Persik Kediri pada pekan 22 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (10/12/2023), dipimpin wasit asal Jepang, Futoshi Nakamura. Bagaimana pandangan pelatih dari kedua tim yang bertanding?

Wasit asal Jepang ini didatangkan sebagai bagian dari program kerja sama dua federasi sepak bola Indonesia dan Jepang, PSSI dan JFA.

Selama menjalankan tugasnya di BRI Liga 1, Futoshi Nakamura didampingi Frengki Fredianto sebagai asisten wasit 1 dan M. Akbar Jamaluddin sebagai asisten wasit 2. Sementara Aprisman Aranda menjadi wasit cadangan.

Dalam laga yang dipimpin oleh Futoshi Nakamura, Persik Kediri berhasil mematahkan tren positif Persib Bandung yang sebelumnya tidak terkalahkan dalam 14 laga beruntun di BRI Liga 1.

Persik Kediri menang 2-0 lewat gol penalti Renan Silva pada menit ke-49 dan tendangan bebas Anderson Carneiro pada menit ke-59.

Lalu seperti apa pandangan pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, dan Marcelo Rospide dari Persik Kediri mengenai kehadiran wasit asal Jepang di BRI Liga 1 ini?

 

 
2 dari 4 halaman

Bojan Hodak Enggan Berkomentar

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, enggan menanggapi terlalu banyak penggunaan wasit asal Jepang di BRI Liga 1 ini. Pelatih asal Kroasia itu mengaku ada keterbatasan untuk bisa memberikan penilaian terhadap wasit yang memimpin pertandingan.

"Saya tidak mau memberikan komentar mengenai wasit," ujar Bojan Hodak setelah pertandingan.

"Sebenarnya saya berharap boleh memberikan komentar mengenai wasit, tetapi kami tidak boleh bicara mengenai wasit," lanjut pelatih Persib Bandung itu.

 

3 dari 4 halaman

Marcelo Rospide Menyambut Baik Wasit Asal Jepang

Berbeda dengan Bojan Hodak, pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide menyambut positif dengan adanya wasit asal Jepang di kompetisi BRI Liga 1 2023/2024.

Menurutnya, kehadiran wasit asal Jepang itu berdampak positif terhadap persepakbolaan di Tanah Air. Apalagi tidak ada keputusan yang janggal selama kepemimpinan Futoshi Nakamura dalam pertandingan tersebut.

“Saya pikir wasit ini jadi satu yang terbaik untuk pertandingan dan ini game yang bersih, tidak ada masalah,” kata Marcelo Rospide.

Ia merasa kehadiran wasit asal Jepang ini membuat para pemain bisa mengontrol emosinya. Sehingga tidak ada protes berlebihan yang dikeluarkan para pemain dari kedua tim yang bertanding.

“Wasit banyak berdiskusi dengan pemain dan tetap menjaga pemain tetap tenang, dia mengambil keputusan yang tepat,” kata pelatih Persik asal Brasil ini.

 

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer