Sukses


BRI Liga 1: Paul Munster Menantikan Laga Tandang Pertamanya bersama Persebaya

Bola.com, Surabaya - Paul Munster akan melakoni laga tandang pertamanya bersama Persebaya Surabaya. Momen itu bakal terjadi saat timnya melawat ke markas Persita Tangerang dalam pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/2024 di Indomilk Arena, Surabaya, Jumat (23/2/2024).

Sebelumnya, Paul Munster menemani Persebaya dalam dua laga kandang beruntun dan hasilnya belum kalah. Masing-masing berakhir 1-1 kontra PSIS Semarang (30/1/2024) dan menang 1-0 atas Bhayangkara FC (4/2/2024).

“Bagi saya itu hal yang dinantikan bagi tim, bagaimana kami bertanding tandang tapi dengan mental yang sama saat bertanding di kandang,” kata pelatih berpaspor Irlandia Utara itu.

Lebih dari itu, Persebaya sebenarnya menghadapi momen yang tidak mudah di BRI Liga 1 2023/2024. Tim berjulukan Bajul Ijo itu dijadwalkan melakoni dua laga tandang beruntun di pekan ke-25 dan ke-26.

2 dari 4 halaman

Mental dan Fisik

Setelah dari Tangerang, tim asal Kota Pahlawan itu bertandang ke markas PSM Makassar (28/2/2024). Ini jadi kali pertama bagi Paul Munster melakoni dua lawatan berturut-turut sebagai pelatih Persebaya.

Paul Munster merasa bahwa timnya perlu menyiapkan mental dan fisik untuk menjalani momen berat ini. Apalagi, jaraknya tidak terlalu lama, hanya jeda empat hari saja sebelum berpindah ke kota lain.

Tugas berat menanti karena jarak laga tandang itu tidak dekat. Persebaya harus bertanding ke Tangerang di Indomilk Arena sebelum akhirnya berangkat ke Balikpapan menghadapi PSM di Stadion Batakan.

3 dari 4 halaman

Kalimantan

Persebaya tidak bisa menempuh jalur darat untuk melakoni dua pertandingan tersebut. Setelah dari Tangerang, mereka akan ke Kalimantan yang tentunya perlu menggunakan pesawat untuk mencapainya.

“Kondisi fisiknya sudah dipantau. Pertandingan tandang ini hal baru, terutama bagi saya, dengan tim. Tapi yang jelas, saya sudah pernah bekerja Indonesia sebelumnya, jadi saya tahu bagaimana rasanya ketika Anda pergi dan memainkan pertandingan tandang,” ungkap Paul Munster.

Pelatih asal Irlandia Utara itu tentu sudah tidak heran dengan jadwal seperti ini. Dia pernah menangani Bhayangkara FC pada periode 2019-2022. Dua laga beruntun bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

4 dari 4 halaman

Maksimal

Paul Munster tetap berusaha menyiapkan timnya sebaik mungkin. Dia tidak ingin melewatkan momen kehilangan poin, bahkan dalam laga tandang sekalipun.

“Bagi saya, itu bukanlah hal baru. Ini menarik bagi tim karena kami pergi ke luar Surabaya untuk bermain, tapi mentalitasnya sama dengan cara kami bermain di kandang,” imbuh pelatih berusia 41 tahun itu.

Persebaya kini berada di posisi ke-12 dengan raihan 30 poin dari 24 pertandingan. Dengan 10 laga tersisa, kans Persebaya masih terbuka lebar untuk bisa menembus Championship Series atau empat besar klasemen akhir nanti.

Video Populer

Foto Populer