Sukses


4 Fakta Menarik Jay Idzes, Pemain Naturalisasi Anyar Timnas Indonesia: Punya Postur Menjulang, Keturunan Wong Semarang

Bola.com, Jakarta - Jay Idzes menjadi pemain naturalisasi teranyar yang diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia. Bek berusia 23 tahun itu telah diambil sumpah pada akhir Desember 2023.

Jay Idzes berpeluang untuk mencatatkan debutnya dengan Timnas Indonesia dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F pada bulan depan.

Timnas Indonesia akan dua kali menghadapi Timnas Vietnam. Pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 21 Maret 2024. Lima hari berselang, tim berjulukan Skuad Garuda itu bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Jay Idzes sedang membela Venezia di Serie B 2023/2024. Pesepak bola berpostur 191 cm itu bergabung pada musim panas 2023 setelah hijrah dari klub Belanda, Go Ahead Eagles.

Beriikut ini sejumlah fakta menarik dari seorang Jay Idzes yang dihimpun Bola.com.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berdarah Semarang

Jay Idzes lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000. Darah Indonesia berasal dari kakeknya atau ayah dari ibunya yang lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 16 November 1939.

Jay Idzes memulai kariernya bersama FC Eindhoven pada 2018-2020. Setelah bermain 57 kali, ia hijrah ke Go Ahead Eagles dan mencatatkan 93 penampilan sebelum pindah ke Venezia.

3 dari 5 halaman

Pilih Indonesia

Jay Idzes menyatakan bahwa keputusannya untuk bergabung dengan timnas Indonesia dipengaruhi oleh pertimbangan keluarga. Pemain yang lahir di Belanda tersebut memiliki keturunan Indonesia dari kakek dan nenek di pihak ibunya.

"Karena merupakan suatu kehormatan besar bagi saya untuk mewakili negara dan keluarga saya," kata Jay Idzes usai diambil sumpah sebagai WNI.

"Karena kakek dan nenek saya berasal dari Indonesia dan mereka pergi ke Belanda, ke Belanda, dahulu kala."

4 dari 5 halaman

Bikin Sejarah di Italia

Jay Idzes menjadi pemain profesional Indonesia pertama di kompetisi sepak bola Liga Italia. Sebelumnya ada Kurniawan Dwi Yulianto yang menimba ilmu di Negeri Pizza, namun tidak pernah bermain untuk Sampdoria.

Jay Idzes telah tampil sebelas kali untuk Venezia di musim ini. Dari jumlah itu, pemain berambut klimis ini sepuluh kali berlaga sebagai starter dan tidak tergantikan selama 90 menit.

5 dari 5 halaman

Fans Liverpool

Fakta menarik terakhir dari Jay Idzes yakni tim favorit yang dibanggakan. Diketahui pemain muda berumur 24 tahun ini memiliki cita-cita ingin gabung ke Liverpool. Hal itu menjadi fokus impiannya karena banyak permain ternama yang diidolakannya.

Musim 2023/2024 ini bisa membuat seorang Jay Idzes makin gembira jika klub idolanya itu berhasil menjadi juara Liga Inggris. Ya, The Reds untuk sementara berada di posisi teratas Liga Inggris dengan mengemas 57 poin dari 25 laga.

Video Populer

Foto Populer