Sukses


BRI Liga 1: Kasus Song Ui-young Bikin Persebaya Lebih Hati-Hati Merekrut Pemain Asing

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya memetik pelajaran berharga dalam kasus Song Ui-young. Gelandang berpaspor Singapura itu memilih sepakat memutus kontrak dengan alasan cedera saat BRI Liga 1 2023/2024 belum rampung.

Kedua pihak memang sepakat mengakhiri kerja sama per 1 Maret 2024 lalu. Namun, situasinya jadi kurang menguntungkan Persebaya Surabaya. Sebab, mereka kini hanya memiliki lima pemain asing saja untuk laga-laga yang tersisa musim ini.

Ditambah, tak ada gelandang asing yang bisa diandalkan Persebaya seusai hengkangnya Song. Selama berada di bawah arahan pelatih Paul Munster, Bajul Ijo hanya memainkan gelandang lokal dalam tujuh laga terakhir.

“Yang terjadi pada Song sebenarnya, jujur saja kami tidak memprediksi di awal bahwa ternyata terjadi masalah medis terkait kondisi dia,” kata Candra Wahyudi, Direktur Operasional Persebaya.

“Tapi Alhamdulillah ada solusi terbaik. Kami dengan dia bersepakat untuk mengakhiri kontrak dan itu bisa jadi solusi yang terbaik. Makanya ke depan kami harus hati-hati dulu,” imbuhnya Candra.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jadi Pembelajaran

Anehnya, Song Ui-young kemudian diumumkan kembali ke klub raksasa Singapura, Lion City Sailors, meski belum sepekan setelah diumumkan meninggalkan Persebaya.

Persebaya menjadikan kasus itu sebagai pembelajaran untuk musim depan. Sebab, hal-hal serupa sangat mungkin terjadi lagi, yakni pemain memilih kontraknya diputus dengan alasan cedera.

“Nanti terkait pemain-pemain asing baru juga tes medisnya harus lebih jelas lagi untuk memastikan bahwa dia kondisinya baik sampai akhir musimnya,” ucap Candra.

“Meskipun kami tidak bisa memprediksi juga. Di tengah perjalanan kadang-kadang juga ada dinamika dan sebagainya,” imbuh pria berusia 47 tahun tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Sisa Lima Pemain Asing

Kini, Persebaya hanya punya lima pemain asing. Satu di antaranya adalah bek asal Serbia yakni Dusan Stevanovic. Sedangkan empat lainnya berasal dari Brasil, yaitu bek Yan Victor, winger Robson Duarte, winger Bruno Moreira, dan striker Paulo Henrique.

Song Ui-young sendiri tercatat sebagai gelandang Persebaya sejak awal musim BRI Liga 1 2023/2024. Bajul Ijo merupakan satu-satunya klub Indonesia yang pernah dibelanya dan itu tak berlangsung lama.

Gelandang berusia 30 tahun itu terakhir tampil saat Persebaya menjamu Persija Jakarta pada 9 Desember 2023. Setelah itu, dia absen dalam beberapa pertandingan sebelum memilih meninggalkan Persebaya.

Dia hanya tampil dalam 17 pertandingan bersama Persebaya dan menyumbang satu gol serta dua assist musim ini.

Bagi Song, Lion City Sailors bukanlah klub baru. Sebab, dia merupakan pemain asal Korea Selatan yang menghabiskan kariernya di Singapura. Dia tercatat membela Home United hingga berganti nama menjadi Lion City Sailors pada medio 2011-2023.

Berkat pengalaman itu, dia lantas menjadi pemain naturalisasi yang mendapat paspor Singapura pada 2021. Song Ui-young pun tercatat telah membukukan empat gol dalam 22 pertandingan bersama Timnas Singapura.

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya saat Ini

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer