Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Bingung Ernando Tiba-Tiba Dipanggil Timnas Indonesia ke Vietnam

Bola.com, Surabaya - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membuat keputusan mengejutkan saat berangkat ke Vietnam. Mereka memanggil kiper Persebaya Surabaya, Ernando Ari Sutaryadi, untuk menggantikan penjaga gawang Borneo FC, Nadeo Argawinata.

Padahal, nama Ernando sudah tidak dipanggil dalam agenda FIFA Matchday untuk dua laga melawan Vietnam. Alasannya, Ernando Ari mengalami cedera bersama Persebaya dan memang membutuhkan pemulihan.

Nama pemain berusia 22 tahun tersebut juga tak muncul dalam daftar susunan pemain Timnas Indonesia melawan Vietnam, Kamis (21/3/2024). Namun kini, dia mendadak mendapat panggilan menghadapi tim yang sama di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Manajemen Persebaya tentu dibuat bingung dengan keputusan mendadak PSSI tersebut. Tim Bajul Ijo sudah bersusah payah untuk membuat Ernando Ari sembuh dari cedera bahu. Begitu pulih, Timnas Indonesia serta merta memanggilnya secara mendadak.

"Persebaya mendapatkan email mendadak pada pukul 02.44 dini hari kemarin. Isinya PSSI memanggil Ernando dan meminta jam 10 pagi tadi sudah ada di Jakarta untuk berangkat ke Vietnam," kata Ram Surahman, sekretaris Persebaya, Sabtu malam WIB.

"Persebaya melakukan komunikasi lisan dengan manajer Timnas Indonesia, menyampaikan situasi dan kondisi Ernando Ari yang masih pemulihan kondisi dislokasi bahu," ungkap Ram Surahman.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sudah Absen dalam 5 laga

Cedera bahu itu dialaminya saat Persebaya Surabaya menang 1-0 atas Bhayangkara FC, Minggu (4/2/2024). Setelah itu, Ernando Ari absen dalam lima laga beruntun, karena belum siap tempur di pertandingan.

Ernando bahkan dikabarkan sudah berangkat ke Vietnam dari Jakarta, hari ini, Sabtu (23/3/2024) pukul 14.00 WIB. Padahal, kiper berusia 22 tahun itu juga sangat dibutuhkan Persebaya.

Tim Bajul Ijo dijadwalkan melakoni laga penting melawan Arema FC dalam pekan ke-30 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (27/3/2024). Artinya, Ernando Ari kemungkinan absen di Derbi Jatim karena jaraknya mepet.

 

3 dari 4 halaman

Kurang Bijak

"Persebaya kirim surat resmi ke PSSI, menjelaskan secara formula kondisi Ernando plus surat keterangan dokter. Harusnya, Senin besok Ernando akan jalani pemeriksaan lagi di RSUD Dr Soetomo (Surabaya) untuk melihat kondisi terbaru, apakah siap bermain atau tidak," ujar Ram Surahman.

"Persebaya mendukung kepentingan nasional, apalagi ini masuk dalam agenda FIFA matchday. Hanya saja meminta agar timnas juga bijak dan mempertimbangkan kondisi Ernando sebelum dimainkan atau tidak," tuturnya.

Padahal, pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, sebelumnya berniat memainkan Ernando untuk melawan Arema. Sang kiper perlahan pulih dari cedera, meski belum bergabung latihan tim utama. Situasi itu dimanfaatkan Persebaya untuk perlahan memulihkan Ernando.

Dalam situasi ini, tentu Tim Bajul Ijo ingin menggunakan jasa kiper utamanya untuk mengalahkan Arema FC. Sayangnya, Timnas Indonesia memanggilnya dalam kondisi jadwal pertandingan sangat mepet dengan Liga 1.

4 dari 4 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer