Sukses


Cerita Dokter Persita saat Nonton Langsung Duel Raksasa Prancis AS Monaco Vs PSG di Stade Louis II: Datang ke Stadion Bareng Fans Minamino

Bola.com, Jakarta - Dokter Persita Tangerang, Pratama Wicaksana Wijaya, memiliki momen yang langka dalam hidupnya. Dia sempat menghadiri langsung pertandingan Ligue 1 Prancis yang mempertemukan AS Monaco melawan Paris Saint-Germain, 1 Maret 2024 lalu.

Momen itu dialaminya saat menjadi peserta konferensi yang diselenggarakan oleh IOC atau Komite Olimpiade Internasional yang diselenggarakan pada 29 Februari hingga 2 Maret 2024 di Monako.

Acara itu bertajuk “7th IOC World Conference on Prevention of Injury and Illness in Sport”. Acara ini memberi kesempatan kepada para pesertanya untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bidang pencegahan cedera.

Nah, kebetulan, dokter yang akrab disapa Tommy mendapat waktu presentasi pada 29 Februari 2024. Dia memiliki waktu sampai tiga hari sebelum akhirnya kembali ke Indonesia pada 4 Maret 2024.

Saat itu pula, waktu yang dimiliki oleh Tommy merupakan akhir pekan. Dia kemudian mencoba memeriksa jadwal pertandingan kompetisi domestik. Bukan Ligue 1 Prancis, mulanya adalah Serie A Italia.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Niat Awal Nonton Serie A

Maklum saja, jarak dari Monako hanya sekitar 200 kilometer menuju wilayah utara Italia yang memiliki banyak klub Serie A. Sebut saja Turin dan Milan yang dikenal sebagai basis Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

“Tapi, sewaktu saya di sana, tidak ada pertandingan besar Serie A. Juventus sedang away ke Napoli. AC Milan juga away ke Lazio. Inter Milan ada laga kandang melawan Genoa, tapi tanggal 5 (Maret),” kata Tommy kepada Bola.com.

Hal itu membuatnya membatalkan menonton pertandingan Serie A. Sebagai gantinya, Tommy memeriksa jadwal Ligue 1 2023/2024. Suatu kebetulan juga, akan ada dua raksasa Prancis yang akan bertarung di pekan tersebut.

3 dari 4 halaman

Bareng Fans Minamino

Malah, AS Monaco bakal bertindak sebagai tuan rumah menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Stadion Stade Louis II, Monako, pada Minggu (3/3/3024). Jadwalnya cocok dengan agendanya selama di Monako.

Tommy pun berhasil membeli tiket secara online beberapa hari sebelum pertandingan. Dia juga lega bisa menjalani presentasi dengan lancar pada 29 Februari 2024. Sampai akhirnya, dia sedang berjalan-jalan di Monako melihat banyak papan iklan.

Rupanya, jadwal pertandingan besar itu mengalami perubahan. AS Monaco akan menjamu PSG pada Jumat, 1 Maret 2024. Setelah mengecek tiket, duel itu memang dimajukan dua hari dari jadwal sebelumnya.

“Untung saja saya melihat iklan-iklan pertandingan itu. Kemungkinan jadwal baru ini juga untuk menarik kedatangan peserta konferensi seperti saya. Apalagi ini, pesertanya memang pelaku dunia olahraga,” terang Tommy.

“Saya langsung menyusun jadwal baru. Ada beberapa opsi ke stadion. Awalnya, saya mencoba jalan kaki. Tapi, beruntung ada teman-teman dari Jepang yang menawarkan tumpangan. Mereka mau menonton Takumi Minamino,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Pengalaman Baru

AS Monaco sendiri sedang jadi perhatian bagi publik Jepang. Sebab, mereka memiliki sosok Minamino yang merupakan pemain andalan juga bagi timnas mereka.

Keberadaan Takumi Minamino memberikan dampak juga untuk Tommy. Banyak peserta konferensi asal Jepang yang datang ke stadion. Dari situlah, dia mendapat tawaran tumpangan pergi dan pulang.

Selain itu, pemain bintang macam Kylian Mbappe tentu saja jadi magnet perhatian kuat. Bintang Timnas Prancis itu tercatat pernah membela AS Monaco sebelum akhirnya berseragam PSG sampai sekarang.

Sayangnya, duel dua raksasa papan atas Ligue itu berakhir dengan skor 0-0. Tak ada selebrasi gol dalam pertandingan tersebut.

“Tapi, ini sudah jadi pengalaman yang luar biasa buat saya. Setelah konferensi itu, saya tidak menyangka berkesempatan menonton langsung pertandingan dua tim besar Ligue 1,” tutur Tommy.

PSG dan AS Monaco sendiri saat ini masih bersaing dalam perebutan gelar juara Ligue 1 2023/2024. PSG masih di puncak klasemen dengan 63 poin dalam 28 laga, sedangkan AS Monaco menduduki posisi ketiga mengoleksi 52 angka.

Video Populer

Foto Populer