Sukses


Utak-atik Pengganti Ramadhan Sananta dan Ivar Jenner saat Timnas Indonesia U-23 Bersua Australia U-23

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, harus berpikir keras untuk memilih pengganti Ramadhan Sananta dan Ivar Jenner saat melawan Australia U-23 pada lanjutan Grup A Piala Asia U-23 2024.

Sananta dan Jenner dipastikan absen saat Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Australia U-23 dalam duel yang berlangsung di Stadion Jassim Bin Hamad, Al Rayyan, Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Kedua pemain tersebut sama-sama mendapatkan sanksi larangan bermain. Ivar Jenner harus absen satu pertandingan karena memperoleh dua kartu kuning saat menghadapi Qatar U-23 pada laga perdana Grup A.

Sementara itu, Sananta malah diganjar kartu merah langsung oleh wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov, karena melakukan pelanggaran keras kepada pemain Qatar. Sejumlah pemain berpotensi menjadi alternatif untuk menggantikan dua nama tersebut di Timnas Indonesia U-23.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Opsi Pengganti Sananta

Ramadhan Sananta memang bukan pilihan utama Shin Tae-yong pada laga pertama Grup A Piala Asia U-23 2024. Pelatih asal Korea Selatan itu lebih memilih Rafael Struick untuk tampil sebagai starter.

Namun, kehadiran Sananta sangat penting untuk alternatif ketika lini depan Timnas Indonesia U-23 mengalami kebuntuan. Opsi terbaik yang bisa diupayakan Shin Tae-yong ialah memasang striker muda PSS Sleman, Hokky Caraka.

Pada laga sebelumnya, Hokky masih diparkir. Duel melawan Australia U-23 menjadi kesempatan bagi striker asal Gunung Kidul, DIY, itu untuk membuktikan kualitasnya sebagai juru gedor andalan Garuda Muda.

Sebetulnya, pemain berusia 19 tahun ini sempat menjadi pilihan STY di Timnas Indonesia senior. Dia selalu tampil sebagai starter saat skuad Merah Putih dua kali menggulingkan Vietnam pada Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

 

3 dari 3 halaman

Alternatif Lini Tengah

Absennya Ivar Jenner sempat menjadi masalah pelik yang dihadapi Timnas Indonesia U-23. Sebab, Shin Tae-yong tak memiliki pelapis yang karakternya sepadan dengan gelandang asal FC Utrecht tersebut.

Namun kini, situasi tersebut telah teratasi karena Justin Hubner akhirnya dilepas oleh klubnya, Cerezo Osaka. Hubner telah berangkat menuju Qatar dan akan tiba pada Kamis (18/4/2024).

Dia pun bisa dimainkan dan berduet dengan Arkhan Fikri di sektor tengah. Namun, jika Justin Hubner tak bisa bermain karena kondisi fisiknya yang kelelahan, Shin Tae-yong masih memiliki gelandang lainnya yang karakternya lebih menyerang.

Mulai dari Rayhan Hanan hingga Ikhsanul Zikrak. Opsi terbaik yang bisa digunakan untuk menutup lubang ini ialah Komang Teguh yang memiliki karakter defensif.

Selain itu, ada pula Marselino Ferdinan yang bisa menemani Arkhan Fikri. Kedua pemain ini sebetulnya sudah cukup sering berduet di lini tengah, sejak sama-sama bergabung dengan Timnas Indonesia U-19.

Video Populer

Foto Populer