Sukses


Tangan Kanan Shin Tae-yong Luruskan Status Justin Hubner Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Irak: Kartu Kuningnya Diputihkan

Bola.com, Doha - Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto, memastikan Justin Hubner bisa bermain melawan Timnas Irak U-23 dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Nova juga menjelaskan Justin Hubner tidak dalam akumulasi meski telah mengantongi dua kartu kuning sepanjang Piala Asia U-23. Mengapa demikian?

Nova mengungkapkan Justin Hubner diproyeksikan menjadi pemain utama Timnas Indonesia U-23 untuk menantang Irak U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Kamis (2/5/2025) malam WIB.

"Justin Hubner bisa bermain. Sebab, sebelum ke semifinal Piala Asia U-23, ada pemutihan. Kecuali pemain yang terkena kartu kuning di perempat final," ujar Nova kepada Bola.com. Kamis (2/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Klaim AFC

"Justin Hubner bisa bermain kok. Dia juga disiapkan bermain untuk malam ini melawan Irak U-23," kata tangan kanan pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tersebut.

Sebelumnya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menarasikan selain Rizky Ridho, Justin Hubner juga akan absen membela Timnas Indonesia U-23 kontra Irak U-23.

Rizky Ridho memang tidak bisa bermain karena menjalani skorsing kartu merah. Kapten Timnas Indonesia U-23 itu diusir wasit Shen Yinhao ketika berhadapan dengan Timnas Uzbekistan U-23 dalam semifinal Piala Asia U-23 pada 29 April 2024.

3 dari 3 halaman

Regulasi Piala Asia U-23 tentang Akumulasi Kartu

Sementara itu, Justin Hubner memang telah mengoleksi dua kartu kuning di Piala Asia U-23. Bek berusia 20 tahun itu menerimanya sewaktu melawan Timnas Yordania U-23 di penyisihan grup dan Uzbekistan U-23 di semifinal.

Namun, regulasi Piala Asia U-23 2024 pasal 54 tentang Peringatan dan Pengusiran ayat 54.1.4 menjelaskan kartu kuning pemain di penyisihan grup sudah tidak berlaku, setelah melewati perempat final alias bahasa sederhananya diputihkan.

"Setiap pemain peserta atau ofisial peserta yang menyelesaikan penyisihan grup dan perempat final hanya dengan menerima satu peringatan tidak akan menyalurkan peringatan tersebut ke semifinal," tulis regulasi Piala Asia U-23 2024.

Video Populer

Foto Populer