Sukses


Level Pede Pemain Meningkat Usai Tampil di Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong: Ini AFC bukan AFF!

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menyebut level kepercayaan diri para pemain asuhannya meningkat dengan drastis. Terutama setelah mereka berlaga di Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 memang tampil baik pada ajang itu. Bisa dikatakan skuad Garuda Muda tampil sangat mengejutkan di Piala Asia U-23 2024.

Sebagai tim debutan dan salah satu tim dengan rataan tim termuda, Timnas Indonesia U-23 mampu melaju hingga babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

Saat itu Timnas Indonesia U-23 dikalahkan Timnas Uzbekistan U-23 di babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda pun kalah lagi dari Timnas Irak U-23 dalam laga perebutan tempat ketiga.

"Pertama memang para pemain sangat bekerja keras selama Piala Asia U-23 2024. Apalagi kepercayaan diri yang mereka dapat di turnamen ini. Ini bukan AFF tapi AFC," ujar Shin Tae-yong kepada awak media di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (11/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pengalaman Berharga

Shin Tae-yong merasa skuad Timnas Indonesia U-23 mendapatkan pengalaman berharharga dari Piala Asia U-23 2024. Sebab, itu adalah debut bagi Garuda Muda.

Ada satu hal paling penting yang didapatkan Timnas Indonesia U-23 menurut Shin Tae-yong. Hal yang dimaksud adalah rasa kepercayaan diri yang meningkat.

"Itu yang mungkin bisa dibilang keuntungan paling besar untuk kami dari Piala Asia U-23 2024, yakni kepercayaan diri," tutur Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Banyak Kendala tapi Tetap Kerja Keras

Shin Tae-yong merasa banyak kendala yang dihadapi Timnas Indonesia U-23 selama berlaga di Piala Asia U-23 2024. Termasuk harus menghadapi beberapa keputusan dari wasit.

"Ketika melawan Qatar, Uzbekistan dan Irak, saya nonton terus video-video mereka dan apalagi saya ada di dunia bola sudah hampir 45 tahun tapi banyak sekali keputusan-keputusan yang sangat disayangkan," jelasnya.

Namun, Shin Tae-yong tetap memuji para pemain asuhannya. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bekerja dengan sangat keras.

"Apalagi sampai ke Paris kita melawan Guinea juga tapi lingkungannya kurang baik juga tapi saya tetap beri tepuk tangan untuk para pemain karen tetap bekerja maksimal berjuang maksimal sampai akhir kemarin," puji Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Belum Bisa Terulang

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Timnas Guinea U-23 dalam laga play-off Olimpiade 2024 Paris membuat Tim Merah Putih belum bisa lagi tampil di ajang Olimpiade.

Sejauh ini Timnas Indonesia baru sekali tampil di Olimpiade. Itu terjadi pada Olimpiade 1956, Melbourne, Australia.

Video Populer

Foto Populer