Sukses


Gaspol! 4 Pemain Ini Langsung Berlaga di Championship Series BRI Liga 1 Setelah Bela Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Jakarta - Tuntas sudah perjuangan Timnas Indonesia U-23 untuk bisa tampil di Olimpiade 2024 Paris. Langkah Tim Garuda Muda harus terhenti setelah kalah dari Timnas Guinea U-23 pada play-off.

Tim besutan Shin Tae-yong itu menyerah dengan skor 0-1 di INF Clairefontaine, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam WIB. Gol pada laga ini tercipta lewat penalti Ilaix Moriba pada menit ke-29.

Meski gagal berlaga di Olimpiade, apresiasi tinggi layak diberikan kepada pemain Timnas Indonesia U-23. Rizky Ridho dkk. menunjukkan penampilan luar biasa di Piala Asia U-23 edisi kali ini. Berstatus debutan, Tim Garuda Muda sukses membuat kejutan dengan melenggang ke semifinal.

Timnas Indonesia U-23 juga berhasil menumbangkan tim-tim kuat macam Austalia (1-0), Yordania (4-1), Korea Selatan lewat adu penalti (11-10). Kemudian menelan kekalahan dari Qatar dan Uzbeskistan dengan skor identik 0-2 serta keok 1-2 kontra Irak.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pulang ke Tanah Air

Skuad Garuda Muda kini telah kembali ke Tanah Air. Mereka tiba di Jakarta pada Sabtu (11/5/2024) pagi WIB. Kedatangan rombongan Timnas Indonesia U-23 disambut meriah suporter di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Setelah ini, pemain Timnas Indonesia U-23 bakal kembali ke klub masing-masing. Sebagian dari pemain bisa bersantai menikmati masa libur karena Reguler Series BRI Liga 1 2023/2024 sudah rampung pada akhir April lalu.

Namun, ada sejumlah nama yang langsung bersiap membela klubnya berlaga di Championship Series BRI Liga 1. Beberapa pemain yang dimaksud adalah Daffa Fasya, Fajar Fathur Rachman, Komang Teguh Trisnanda, dan Ikhsanul Zikrak.

3 dari 5 halaman

Langsung Main di Championship Series

Keempat pemain itu akan memperkuat Borneo FC pada empat besar BRI Liga 1. Menurut jadwal Championship Series dimulai pada pekan depan. Tim Pesut Etam berhadapan dengan Madura United dalam laga yang berlangsung dalam format dua leg.

Borneo FC bakal menjalani partai tandang ke markas Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Rabu (15/4/2024). Empat hari berselang, giliran Pesut Etam yang menjamu Madura United di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tim Pesut Etam berstatus jawara Reguler Series BRI Liga 1. Borneo FC mengumpulkan 70 poin di tabel klasemen akhir. Hasil dari 21 kemenangan, tujuh imbang, dan enam kalah dari 34 pertandingan.

 

4 dari 5 halaman

Tak Semua Pemain Skuad Inti

Meskipun demikian, tidak semua pemain tersebut masuk skuad inti Pesut Etam. Dari keempatnya, hanya Fajar Fathur Rachman yang sering diturunkan sebagai starter pelatih Pieter Huistra.

Sementara itu, Komang Teguh, Ikhsanul Zikrak, dan Daffa Fasya bukanlah pilihan utama. Mereka jarang mendapatkan menit bermain di Borneo FC. Begitu pula di Piala Asia U-23 Qatar 2024.

Musim ini, Fajar tampil dalam 30 pertandingan bersama Borneo FC. Posisinya tak tergantikan dan selalu menjadi starter. Adapun Komang Teguh mencatat 12 penampilan.

Di sisi lain Ikhsan mengemas sembilan laga dan Daffa belum sekalipun mendapat kesempatan bermain di Liga 1. Andai diistirahatkan ketika Championship Series, sepertinya tak akan begitu memengaruhi kekuatan Tim Pesut Etam.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer