Sukses


5 Bintang Timnas Indonesia U-23 yang Bakal Jadi Rebutan di Bursa Transfer Liga 1 Musim Depan: Hampir Loloskan Garuda Muda ke Olimpiade

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 telah berjuang keras hingga akhirnya meraih status peringkat keempat Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda merupakan tim kuda hitam karena berstatus sebagai debutan di turnamen itu.

Mereka secara mengejutkan mampu menumbangkan tim-tim yang berpengalaman. Di Grup A, Timnas Indonesia U-23 sempat kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar (15/4/2024).

Tapi, Shin Tae-yong membawa timnya bangkit dengan menang 1-0 atas Australia (18/4/2024) dan unggul 4-1 atas Yordania (21/4/2024).

Status runner-up Grup A lantas membuat Timnas Indonesia U-23 melaju ke perempat final dan menghadapi Korea Selatan U-23 (25/4/2024) Hasilnya secara mengejutkan mampu menang di babak adu penalti.

Berikutnya, di semifinal Rizky Ridho dkk. menghadapi Uzbekistan yang berakhir kekalahan 0-2 (29/4/2024). Duel berlanjut di perebutan tempat ketiga yang tumbang 1-2 dari Irak (2/5/2024).

Setelah melewati banyak rintangan, Timnas Indonesia U-23 kembali menelan kekalahan 0-1 melawan Guinea U-23 dan itu memupus harapan ke Olimpiade 2024 Paris.

Hasil ini sekaligus menutup perjuangan anak asuh Shin Tae-yong setelah tampil mengesankan di Piala Asia U-23 2024.

Setelah melewati turnamen yang menjadi sejarah baru, sejumlah pemain mulai menjadi incaran klub-klub Liga 1. Ya, performa mereka tentu saja membuat banyak klub tertarik untuk merekrut.

Siapa saja mereka? Bola.com telah merangkum lima bintang Timnas Indonesia U-23 yang berpotensi jadi gulali rebutan klub Liga 1. Simak ulasannya:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Rizky Ridho

Sosok satu ini adalah kapten Timnas Indonesia U-23 yang tampil impresif mengawal lini pertahanan selama Piala Asia U-23 2024. Sayangnya, Ridho tidak tampil sampai akhir karena sempat menerima kartu merah melawan Uzbekistan.

Kendati demikian, Ridho tetaplah bek dengan atribut lengkap. Dia masih memiliki kontrak dengan Persija Jakarta yang disebut sampai dua musim lalu. Namun, ada kabar Persebaya Surabaya yang merupakan mantan klubnya menaruh minat.

Rumor berembus bahwa komunikasi Ridho untuk pulang ke Persebaya dan Surabaya berjalan baik. Dengan kemampuannya dalam mengawal lini belakang, Ridho adalah pemain ideal untuk diandalkan di Liga 1 musim depan.

3 dari 6 halaman

Ramadhan Sananta

Striker satu ini sebenarnya tidak terlalu tampil mencolok di Piala Asia U-23 2024. Apalagi, statusnya adalah pelapis Rafael Struick. Namun, Sananta tetap saja bisa tampil tajam di klub.

Statusnya kini adalah pemain Persis Solo dan disebut masih memiliki kontrak panjang. Dia kemungkinan masih akan bertahan di Laskar Sambernyawa, apalagi jadi pemain penting di lini depan.

Namun, bukan tidak mungkin ada peluang lebih baik buatnya untuk bisa lebih mengembangkan diri. Ramadhan Sananta adalah salah satu striker lokal yang diperhitungkan di Liga 1.

4 dari 6 halaman

Ernando Ari

Kiper utama Timnas Indonesia U-23 ini sudah tampil luar biasa selama Piala Asia U-23 2024. Ernando tak tergantikan sejak fase grup, hingga menelan kekalahan 1-2 saat melawan Irak di perebutan tempat ketiga.

Kualitasnya sudah tidak diragukan lagi, dia memiliki reflek yang sangat apik. Terbukti, Ernando mampu mementahkan penalti Australia, termasuk juga menepis dua tendangan pemain Korea Selatan dalam babak adu penalti.

Saat ini, Ernando Ari masih terikat kontrak bersama Persebaya dan disebut akan menjaga kesetiaan di Kota Pahlawan. Namun, bukan tak mungkin klub lain juga ingin mendatangkannya untuk menambah kekuatan.

5 dari 6 halaman

Witan Sulaeman

Pemain Bhayangkara FC ini tercatat selalu main dalam enam pertandingan Piala Asia U-23 2024. Dia kerap ditempatkan di belakang striker untuk bisa membuka ruang dalam melakukan serangan.

Witan tercatat telah membukukan masing-masing satu gol dan assist. Kemampuan yang dimilikinya hampir mirip dengan Marselino Ferdinan. Punya kelincahan dalam membawa bola sekaligus menciptakan kesempatan ruang tembak.

Posisinya yang tak tergantikan menunjukkan bahwa Witan adalah pemain penting di skuad Shin Tae-yong. Statusnya sebenarnya masih milik Persija Jakarta, dan sejumlah klub Liga 1 mulai berminat mendatangkannya.

6 dari 6 halaman

Komang Teguh

Nama satu ini termasuk yang kurang mendapat sorotan sebelum Piala Asia U-23 2024. Apalagi, Komang Teguh juga tak banyak mendapat menit bermain selama membela Borneo FC musim ini.

Komang sendiri termasuk pemain yang memiliki kontribusi apik selama Piala Asia U-23 2024. Tampil dalam lima pertandingan, dia menyumbang dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 dengan posisinya sebagai pemain belakang.

Kontribusinya bersama Timnas Indonesia U-23 membuat namanya mulai dilirik oleh klub lain. Tengok saja gol apik yang dicetaknya lewat sundulan saat sukses menundukkan Australia di fase grup.

Video Populer

Foto Populer