Sukses


Mumpung Lagi Momentum, Timnas Indonesia U-16 Disarankan Perbanyak Uji Coba dan Pemusatan Latihan di Luar Negeri

Bola.com, Solo - Timnas Indonesia U-16 baru saja menuntaskan kiprah di Piala AFF U-16 2024. Kini, tim berjuluk Garuda Muda itu akan kembali dipersiapkan untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Skuad Garuda Muda tergabung di Grup G bersama Timnas Australia U-17, Timnas Kuwait U-17, dan Timnas Kepulauan Mariana Utara U-17. Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 digelar pada 19-27 Oktober 2024.

Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 diikuti 43 negara yang dibagi ke 10 grup. Masing-masing grup berisikan empat hingga lima kontestan. Nantinya 10 juara grup dan lima runner-up terbaik akan lolos ke putaran final di Arab Saudi, 3-20 April 2025.

Meski gagal mempertahankan gelar, perjalanan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 edisi kali ini patut diapresiasi. Sepanjang turnamen mereka hanya menelan sekali kekalahan dan mengepak empat kemenangan dari lima laga yang dijalani.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Next, Apa Lagi?

Garuda Muda membekuk Singapura U-16 dan Filipina U-16 dengan skor identik 3-0. Kemudian membabat habis Laos U-16 dengan skor 6-1 serta Vietnam U-16 5-0.

Satu-satunya kekalahan terjadi ketika Timnas Indonesia U-16 berjumpa Australia di semifinal. Saat itu, Putu Panji dkk. kalah dengan skor 3-5. Tim besutan Nova Arianto itu juga mengukir 20 gol plus kebobolan enam kali.

Untuk menjaga kekompakan serta meningkatkan performa pemain jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 perlu adanya langkah strategis yang dilakukan. Apa saja? Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto memberikan pandangannya.

"Untuk pengelolaan Timnas Indonesia U-16 menurut saya perlu adanya pemusatan latihan di luar negeri sambil mencari banyak uji coba atau bisa juga mengikuti turnamen," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Selasa (9/7/2024) sore.

 

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Mentalitas

Dengan begitu, mentalitas penggawa Timnas Indonesia U-16 bakal semakin meningkat. Menurut Erwan Hendarwanto, banyaknya laga uji coba bagus buat melihat perkembangan pemain.

"Harapannya mentalitas pemain bisa bertambah dan bisa lebih percaya diri saat tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 nanti," kata asisten pelatih PSIM Yogyakarta tersebut.

"Di sana bisa sebagai sasaran antara agar performa pemain terjaga, dan membiasakan bermain dengan pemain-pemain yang mempunyai postur yang lebih tinggi," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Hasil Drawing Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

  • Grup A: Iran, Yordania, Suriah, Hong Kong, Korea Utara
  • Grup B: Afghanistan, Bangladesh, Kamboja, Filipina, Makau
  • Grup C: Korea Selatan, China, Bahrain, Bhutan, Maladewa
  • Grup D: Thailand, India, Brunei Darussalam, Turkmenistan
  • Grup E: Uzbekistan, Irak, Chinese Taipei, Palestina
  • Grup F: Jepang, Qatar, Mongolia, Nepal
  • Grup G: Australia, Timnas Indonesia, Kuwait, Kepulauan Mariana Utara
  • Grup H: Malaysia, Laos, Uni Emirat Arab, Lebanon
  • Grup I: Yaman, Vietnam, Kirgistan, Myanmar
  • Grup J: Tajikistan, Oman, Singapura, Guam

Video Populer

Foto Populer