Sukses


10 Transfer Musim Dingin Termahal Premier League

Bola.com - Bursa transfer musim dingin Premier League bakal dibuka per 1 Januari 2016. Kesempatan ini ditengarai bakal menjadi momentum bagi klub-klub untuk mengevaluasi kekurangan dan kelemahan timnya pada paruh pertama Premier League 2015-16.

Akan tetapi, dalam beberapa kesempatan, para pesepak bola memang enggan berpindah klub pada bursa transfer Januari. Ada beberapa faktor yang melandasi, termasuk salah satunya adalah keinginan pemain tersebut untuk membuktikan kualitasnya kepada klub pada sisa musim.

Namun, bagi beberapa pesepak bola lainya, bursa transfer musim dingin bisa menjadi kesempatan besar untuk mengembalikkan taji. Oleh karena itu, tak jarang aktivitas belanja klub-klub pada periode tersebut dapat memunculkan kejutan serta nominal tranfser di luar dugaan. 

Berikut ini adalah 10 pemain yang tercatat sebagai pemilik rekor transfer termahal pada bursa transfer musim dingin Premier League: 

1. Fernando Torres (Liverpool ke Chelsea)

Fernando Torres dan Jose Mourinho saat masih berkarier bersama Chelsea. (AFP/Ben Stansall)

Chelsea melakukan gebrakan dengan memboyong Fernando Torres dari Liverpool pada Januari 2011. Ketika itu, The Blues menjadikan Torres sebagai pemain termahal Premier League setelah ditebus dengan mahar 50 juta poundsterling atau sekitar Rp 1 triliun.

Akan tetapi, Torres gagal melanjutkan penampilan seperti di Liverpool saat bergabung dengan skuat The Blues. Selama empat musim berkarier di Stamford Bridge, Torres hanya mencetak 20 gol di ajang Premier League, sebelum akhirnya memutuskan hijrah ke AC Milan pada 2015.

2. Juan Mata (Chelsea ke Manchester United)

Gelandang Manchester United, Juan Mata merayakan gol yang dicetaknya ke gawang WBA pada laga Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Inggris, Sabtu (7/11/2015). MU berhasil menang 2-0. (Reuters/Andrew Yates)

Juan Mata dilepas Chelsea ke Manchester United pada Januari 2013. Hal itu terjadi setelah manajer Jose Mourinho menganggap pemain asal Spanyol tersebut tak cocok dengan strateginya di Stamford Bridge.

Setan Merah merekrut Mata dengan biaya transfer senilai 37,1 juta poundsterling atau sekitar Rp 756 miliar. Pada musim perdananya di Old Trafford, gelandang asal Spanyol itu sukses mempersembahkan enam gol dan lima assist dalam 15 pertandingan di Premier League.

3. Andy Carroll (Newcastle United ke Liverpool)

 Aksi Andy Carroll saat masih berseragam Liverpool pada laga melawan Valencia dalam pertandingan pramusim di Anfield, Liverpool, 6 Agustus 2011. (AFP/Paul Ellis)

Salah satu transfer pemain yang mengejutkan pada musim dingin adalah saat striker Newcastle United Andy Carroll menerima pinangan Liverpool. Kesepakatan antara kedua klub tercapai pada menit-menit akhir bursa transfer, 31 Januari 2011. 

Biaya Liverpool untuk memboyong Carroll pun terbilang cukup mahal, yakni sebesar 35 juta poundsterling atau sekitar Rp 713 miliar. Namun, karier Carroll tak berlangsung lama di Anfield karena pada 2013 ia memutuskan hijrah ke West Ham United setelah dinilai gagal. 

4. Edin Dzeko (Wolfsburg ke Manchester City)

Edin Dzeko saat masih berseragam Manchester City. (AFP/Paul Ellis)

Penampilan apik Edin Dzeko bersama Wolfsburg membuat Manchester City tertarik memboyongnya. Pada 3 Januari 2011, The Citizens berhasil mendapatkan tanda tangan Dzeko dengan harga 32,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 662 miliar.

Bersama City, Dzeko sukses mencetak 72 gol dan 39 assist dalam 189 pertandingan. Pada September 2015, Dzeko menandatangani kontrak baru berdurasi tiga tahun, namun karena beberapa alasan, ia langsung dipinjamkan ke AS Roma dengan opsi pembelian secara permanen.

5. Wilfried Bony (Swansea City ke Manchester City)

Striker Manchester City, Wilfried Bony, merayakan gol ke gawang Swansea City pada laga Premier League di Etihad Stadium, Sabtu (13/12/2015) malam WIB. (AFP/Lindsey Parnaby)

Setelah Dzeko, Manchester City kembali memecahkan salah satu rekor transfer musim dingin pada 2015. Kali ini, giliran pemain Swansea City, Wilfried Bony, yang diboyong ke Etihad Stadium dengan banderol sebesar 28 juta poundsterling atau sekitar Rp 569 miliar.

Akan tetapi, Bony hanya mendapatkan kesempatan 10 kali bermain pada musim perdananya. Ia pun saat ini dikabarkan bakal menjadi salah satu pemain yang masuk ke dalam daftar jual The Citizens pada musim panas 2016.

6. David Luiz (Benfica ke Chelsea)

Ekspresi kegembiraan  David Luiz, saat masih berseragam Chelsea, usai mencetak gol ke gawang Bayer Leverkusen di matchday pertama penyisihan Grup E LIga Champions di Stamford Bridge, 13 September 2011. (AFP/Paul Ellis)

Pada saat bersamaan kepindahan Fernando Torres, Chelsea juga mengeluarkan dana besar untuk memboyong David Luiz dari Benfica. Bek asal Brasil itu direkrut dengan nilai transfer 26,5 juta poundsterling atau sekitar 539 miliar rupiah.

Bersama Chelsea, David Luiz sukses mempersembahkan Piala FA, Liga Champions, dan Liga Europa. Pada 2014, The Blues menjual Luiz ke Paris Saint-Germain dengan harga 40 juta poundsterling atau sekitar Rp 814 miliar yang menjadikannya sebagai bek termahal dunia.

7. Juan Cuadrado (Fiorentina ke Chelsea)

Juan Cuadrado saat masih berseragam Chelsea. (AFP/Paul Ellis)

Chelsea lagi-lagi menjadi salah satu klub yang paling "boros" menggelontorkan dana pada bursa transfer musim dingin. Pada 2015, kubu Stamford Bridge mengeluarkan dana sebesar 26,1 juta poundsterling atau sekitar Rp 531 miliar untuk memboyong Juan Cuadrado dari Fiorentina.

Namun, menumpuknya pemain di posisi yang sama membuat Cuadrado kalah bersaing. Pada musim perdananya, pemain asal Kolombia itu hanya bermain 12 laga, dengan delapan di antaranya dari bangku cadangan. Pada musim 2015-16, Cuadrado kembali ke Serie A untuk bergabung bersama Juventus dengan status pinjaman.

8. Darren Bent (Sunderland ke Aston Villa)

Darren Bent mencetak gol pada partai debutnya sebagai pemain Aston Villa yang sekaligus menentukan kemenangan 1-0 atas Manchester City dalam lanjutan Liga Premier pada 22 Januari 2011.  (AFP/Olly Greenwood)

Tak hanya klub besar yang rela membayar mahal pemain baru pada bursa transfer Januari. Aston Villa pun tercatat pernah mengeluarkan dana sebesar 24 juta poundsterling atau sekitar Rp 448 miliar saat memboyong Darren Bent dari Sunderland pada 2011.

Meski diboyong dengan harga mahal, penampilan Bent bersama Aston Villa terbilang mengecewakan. Maklum, penyerang asal Inggris itu hanya mencetak 25 gol dalam 72 penampilan hingga akhirnya memutuskan hengkang ke Derby County pada 2015.

9. Luis Suarez (Ajax ke Liverpool)

Luis Suarez saat masih berseragam Liverpool. (AFP/Paul Ellis)

Liverpool pernah mengeluarkan dana besar untuk mendatangkan pemain pada bursa transfer musim dingin. Hal itu terjadi ketika The Reds membayar 23,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 478 miliar untuk memboyong Luis Suarez ke Stadion Anfield dari Ajax Amsterdam. 

Jumlah tersebut dibayar tuntas dengan penampilan apik Suarez. Pemain asal uruguay itu sukses mencetak 82 gol dan 53 assist dalam 133 penampilannya. Pada 2014, Suarez kemudian hengkang ke Barcelona dengan biaya 75 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,5 triliun.

10. Nemanja Matic (Benfica ke Chelsea)

Gelandang Chelsea, Nemanja Matic, menerima kartu merah dalam laga Premier League melawan West Ham United di Boleyn Ground, London, Sabtu (24/10/2015) malam WIB. (Reuters/Eddie Keogh)

Nemanja Matic sebenarnya pernah diboyong Chelsea pada 2009 dari Kosice. Namun, karena jarang mendapatkan kesempatan bermain reguler, ia dilepas ke Benfica pada 2011 dengan harga 5 juta poundsterling atau sekitar Rp 101 miliar.

Namun, penampilan apik Matic di Benfica membuat Chelsea kembali kepincut merekrutnya ke Stamford Bridge. Pada Januari 2014, Chelsea pun harus mengeluarkan dana sebesar 21 juta poundsterling atau sekitar Rp 428 miliar untuk menebusnya. Pemain asal Serbia itu kini sudah mengoleksi 96 penampilan, empat gol, dan delapan assist.

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

Inisialisasi Video

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005

    Chelsea

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir
    Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso

    Manchester City

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Premier League

Video Populer

Foto Populer