Sukses


Menghitung Peluang Leicester dan Tottenham Juarai Premier League

Bola.com — Persaingan Leicester City dan Tottenham Hotspur dalam perebutan juara Premier League bakal berjalan ketat hingga akhir musim ini. Kedua tim bakal sama-sama mengerahkan seluruh kemampuan terbaik demi mendulang poin penuh dalam tujuh laga tersisa.

Leicester tampil impresif saat menghadapi Crystal Palace di Selhurst Park dalam laga pekan ke-31 Premier League, Sabtu (19/3/2016) malam WIB. The Foxes berhasil memetik kemenangan tipis 1-0. Gol tunggal pasukan Claudio Ranieri disarangkan Riyad Mahrez pada menit ke-34.

Hasil positif juga didapat Tottenham ketika bersua AFC Bournemouth, di White Hart Lane, Minggu (20/3/2016) malam WIB. The Lilywhites sukses melumat Bournemouth tiga gol tanpa balas. Ketiga gol kemenangan Spurs disarangkan Harry Kane (1', 16') dan Christian Eriksen (52').

Berkat tambahan tiga poin tersebut, Leicester City masih nyaman bercokol di puncak klasemen sementara Premier League dengan nilai 66 hasil dari 31 pertandingan. The Foxes tetap unggul lima poin atas Tottenham Hotspur yang berada di peringkat dua.

Dengan hasil tersebut, persaingan kedua klub untuk menjuarai Premier League musim ini bakal berjalan sengit hingga akhir musim. Apalagi, pertandingan untuk musim 2015-2016 tinggal menyisakan tujuh laga lagi.

Tak heran jika kedua klub bakal tampil maksimal demi bisa meraih titel juara. Andai keluar sebagai pemenang, Leicester City akan meraih trofi juara liga yang perdana, sedangkan Spurs bakal menyudahi puasa gelar Liga Inggris yang terakhir kali diraih pada musim 1960-1961.

Di atas kertas, peluang Leicester menjuarai Premier League musim ini jauh lebih besar dibandingkan Tottenham, ataupun Arsenal yang berada di peringkat tiga dengan 55 poin. Leicester hanya butuh 17 poin tambahan dari 21 poin maksimal di tujuh pertandingan tersisa untuk mengamankan trofi juara Premier League musim ini.

Bahkan, Sports Club Stats memprediksi peluang Leicester menjuarai Premier League musim ini mencapai 75,9 persen. Sementara itu, Spurs hanya 22 persen dan Arsenal 1,9 persen. Meski begitu, hal tersebut bukan perkara mudah, karena mereka masih akan menghadapi lawan-lawan berat seperti Southampton, Manchester United, dan Chelsea.

Jika berhasil menahan imbang Southampton, mengalahkan Sunderland, West Ham United, Sweansea City, dan kalah dari Manchester United dalam lima dari tujuh pertandingan tersisa, Leicester akan mengoleksi 76 poin. Mereka pun berhak merengkuh trofi Premier League musim ini pada pekan ke-36.

Namun hal itu bisa diraih jika Tottenham Hotspur hanya mampu mendulang 68 poin dalam lima pertandingan. Skema bisa jadi seperti ini: kalah melawan Liverpool, bermain imbang kontra Manchester United, menang atas Stoke City dan West Bromwich Albion, serta takluk dari Chelsea.

Dengan dua pertandingan tersisa, poin Leicester pun mustahil dikejar oleh para rivalnya. Andai kalah dari Everton dan Chelsea, poin Leicester tetap 76. Sementara itu, Spurs hanya mampu meraih poin maksimal 74 jika mampu mengalahkan Southampton dan Newcastle United.

Bagi Arsenal, peluang meraih gelar juara Premier League musim ini belum tertutup rapat. The Gunners yang masih menyisakan delapan laga lagi wajib menyapu bersih kemenangan, jika ingin kembali mengangkat trofi liga setelah terakhir kali direngkuh pada musim 2003-2004.

Seandainya mampu mengalahkan Watford, West Ham United, Crystal Palace, West Bromwich Albion, Sunderland, Norwich City, Manchester City, dan Aston Villa, Arsenal akan mendulang 79 poin serta sekaligus mengubur impian Leicester City menjuarai Premier League untuk pertama kalinya.

Meski begitu, tetap konsisten dalam delapan pertandingan terakhir tidak begitu saja mudah direalisasikan. Apalagi, Arsenal dihantam badai cedera. Saat ini delapan pemain masih dalam proses penyembuhan, yakni Jack Wilshere, Tomas Rosicky, Santi Cazorla, Alex Oxlade Chamberlain, Petr Cech, Mikel Arteta, Aaron Ramsey, dan Mathieu Flamini.

Lantas, mampukah Leicester City membuat kejutan pada musim ini dengan keluar sebagai juara Premier League? Mari kita tunggu saja kelanjutan ceritanya. 

Tujuh pertandingan tersisa Leicester City di Premier League:
03/04/16 Leicester City FC vs Southampton
10/04/16 Sunderland vs Leicester City
17/04/16 Leicester City vs West Ham United
24/04/16 Leicester City vs Swansea City
01/05/16 Manchester United vs Leicester City
07/05/16 Leicester City vs Everton
15/05/16 Chelsea vs Leicester City

Tujuh pertandingan tersisa Tottenham Hotspur di Premier League:
02/04/16 Liverpool vs Tottenham Hotspur
10/04/16 Tottenham Hotspur vs Manchester United
19/04/16 Stoke City vs Tottenham Hotspur
26/04/16 Tottenham Hotspur vs West Bromwich Albion
03/05/16 Chelsea vs Tottenham Hotspur
07/05/16 Tottenham Hotspur vs Southampton
15/05/16 Newcastle United vs Tottenham Hotspur

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Inisialisasi Video

Video Populer

Foto Populer