Sukses


Menerka Kelanjutan Nasib Van Gaal di Old Trafford

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU), Louis van Gaal, dikabarkan bakal sulit bertahan di Old Trafford meski Wayne Rooney dan kawan-kawan dapat finis di empat besar klasemen akhir Premier League dan meraih trofi Piala FA. 

Van Gaal berada di jurang pemecatan setelah Setan Merah menghabiskan hampir sepanjang musim 2015-16 dengan berada di luar empat besar klasemen sementara. Selain itu, performa MU pun dinilai belum konsisten lantaran sering menelan kekalahan dari klub-klub papan bawah. 

Van Gaal sebenarnya terikat kontrak bersama MU hingga 30 Juli 2017. Namun, karena penampilan buruk pada musim ini, manajer asal Belanda tersebut dikabarkan bakal dipecat pada akhir musim dan posisinya akan digantikan mantan pelatih Real Madrid dan Chelsea, Jose Mourinho. 

Dalam beberapa pekan terakhir, Van Gaal mengalami nasib sedikit baik. Selain Juan Mata dan kawan-kawan mampu menampilkan permainan konsisten, beberapa pesaing terdekat MU, yakni Manchester City, beberapa kali menelan kekalahan di luar dugaan di ajang Premier League. 

Manchester City Vs Arsenal (Reuters / Andrew Yates).

Hasil 2-2 melawan Arsenal, di Etihad Stadium, Minggu (8/5/2016), membuat City terancam terlempar dari empat besar. Posisi skuat asuhan Manuel Pellegrini akan diambil alih MU jika mampu menang saat bertandang ke markas West Ham United, Rabu (11/5/2016) dini hari WIB. 

City berada di peringkat keempat dengan poin 65 dari 37 pertandingan, sementara MU menempati posisi kelima dengan perolehan poin 63 dari 36 laga. Pada pekan terakhir, City akan melawat ke kandang Swansea City, sedangkan skuat The Red Devils melawan Bournemouth. 

Di ajang Piala FA, Van Gaal juga berpeluang meraih trofi pertama di Old Trafford. Maklum, di atas kertas, Crystal Palace bukanlah lawan sepadan bagi Wayne Rooney dan kawan-kawan saat kedua klub tersebut bertemu pada partai final di Stadion Wembley, 21 Mei mendatang

Mourinho

Di tengah berbagai hasil positif tersebut, media-media Inggris melaporkan mengenai peluang kerjasama MU dengan Mourinho. Proses negosiasi pun dikabarkan sudah terjalin sejak akhir Desember 2015 ketika performa Setan Merah berada di titik terendah pada musim ini. 

Dalam negosiasi itu, Jorge Mendez, agen Mourinho, dikabarkan memberikan "angin segar" kepada manajemen MU untuk membawa pulang Cristiano Ronaldo dari Real Madrid. Kabar ini memang bisa saja menjadi kenyataan lantaran Mendez juga merupakan agen kepercayaan Ronaldo. 

Penjual syal MU dengan nama Jose Mourinho di Stadion Old Trafford, sebelum laga antara Setan Merah melawan Chelsea, Senin (28/12/2015). (Guardian).

Manajemen MU dikabarkan berencana menahan Van Gaal jika MU mampu meraih Piala FA dan lolos ke Liga Champions. Namun, dengan adanya proses negosiasi dengan Mourinho rencana itu ditengarai bakal sulit terealisasi lantaran pelatih asal Portugal tersebut bukanlah sosok yang sabar. 

Selain itu, beberapa fans Setan Merah juga ditengarai sudah "gerah" dengan Van Gaal sejak akhir 2015. Dengan begitu, beberapa hasil positif yang diraih Van Gaal bisa dibilang sudah terlambat dan sangat berisiko jika manajemen MU mempertahankan mantan pelatih Bayern Munchen itu. 

Sumber: Skysports, BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer