Sukses


Pep Guardiola Puji Taktik Jurgen Klopp di Liverpool

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, memuji strategi yang diterapkan Jurgen Klopp bersama Liverpool. Menurutnya, Klopp merupakan salah satu pelatih dengan taktik menyerang terbaik.

"Gaya kami tidak sama, namun saya sangat menyukai cara Liverpool bermain. Mungkin Klopp adalah manajer terbaik di dunia yang mampu menciptakan tim yang menyerang lini pertahanan lawan dengan begitu banyak pemain, dari hampir semua sisi lapangan," ujar Guardiola.

Sejak ditangani oleh Jurgen Klopp pada 8 Oktober 2016, Liverpool kerap tampil dengan formasi 4-2-3-1 dan 4-1-4-1. Skuat Si Merah pun tampil lebih menyerang. Pergerakan Philippe Coutinho, Roberto Firmino, Jordan Henderson, hingga Daniel Sturridge mampu merepotkan barisan pertahanan lawan.

Memasuki musim ini, Klopp masih mengandalkan taktik serupa. Hasilnya, Liverpool kini bercokol di peringkat dua klasemen sementara Premier League dengan mendulang 40 poin, hasil dari 12 kemenangan, empat hasil imbang, dan menelan dua kekalahan.

Bersua Manchester City di Stadion Anfield, Sabtu (31/12/2016), manajer asal Jerman itu bakal tetap memakai formasi yang sama. Roberto Firmino, Daniel Sturridge, dan Sadio Mane akan menjadi ancaman buat barisan belakang The Citizens.

"Liverpool memiliki intensitas dengan bola dan tanpa bola, dan tidak mudah untuk melakukan hal itu. Mereka terkadang menyerang dengan memanfaatkan lebar lapangan yang mengandalkan Nathaniel Clyne dan James Milner, tetapi paling utama mereka menyerang dari dalam, melalui sektor tengah," lanjut Guardiola.

"Saya tidak berpikir ada tim lain di dunia menyerang dengan cara seperti itu, dengan begitu banyak pemain yang mampu bergerak dalam sekejap," kata manajer asal Spanyol tersebut.

Sejauh ini, Pep Guardiola dan Jurgen Klopp telah delapan kali bersua dan itu terjadi ketika keduanya sama-sama menjalani karier di Jerman. Guardiola bersama Bayern Munchen meraih empat kemenangan, sedangkan Klopp yang menangani Borussia Dortmund juga memetik empat kemenangan. 

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer