Sukses


Conte: Tugas Saya di Chelsea Bukan untuk Membahagiakan Pemain

Bola.com, London - Manajer Chelsea, Antonio Conte, menyatakan kalau tugas utamanya berada di Chelsea adalah mengantarkan klub tersebut meraih kemenangan, bukan untuk membahagiakan para pemain dengan cara memainkan mereka di setiap pertandingan. 

Conte datang ke Chelsea pada awal musim 2016-17. Manajer asal Italia tersebut memiliki tugas berat untuk membawa The Blues kembali ke papan atas setelah sempat terpuruk pada musim 2015-16.

Conte pun meracik strategi dan formasi yang ia nilai cocok dengan skema permainan Chelsea. Racikan Conte membuat beberapa mantan penghuni skuat utama tersingkir dan harus menerima status sebagai pemain pelapis.

Beberapa pemain Chelsea yang tergusur dari skuat utama adalah John Terry dan Cesc Fabregas. Terry yang berstatus sebagai kapten tim tengah menjalani fase akhir bersama klub yang sudah ia bela selama lebih dari 18 tahun tersebut, sedangkan Fabregas lebih sering memulai laga dari bangku cadangan.

Keputusan Conte tersebut mengundang pernyataan dari sejumlah pengamat sepak bola di Inggris. Tidak sedikit yang menganggap kalau Conte melupakan jasa yang telah diberikan kedua pemain tersebut kepada Chelsea.

Namun Conte memberikan pernyataan yang tegas kalau saat ini kemenangan tim lebih penting dari kebahagiaan individual pemain.

"Tugas utama saya adalah membawa Chelsea meraih kemenangan, bukan untuk membahagiakan seluruh pemain di klub ini. Saya akan merasa bahagia jika Chelsea menang, bukan kalah dan 21 pemain senang.

"Para pemain bisa mencari kebahagiaan dengan pergi ke teater atau dengan menonton film.

"Saya menghargai mereka (pemain Chelsea) sebagaimana saya ingin dihargai. Pintu ruangan saya selalu terbuka untuk para pemain, karena saya ingin jujur kepada mereka," ujar Conte.

Keputusan sang manajer terbukti efektif. Tanpa kehadiran Terry atau Fabregas, Chelsea sukses bercokol di puncak klasemen sementara Premier League dengan keunggulan delapan poin atas pesaing terdekatnya, Manchester City.

Saat ini, Chelsea tengah bersiap menghadapi Woverhampton Wanderers di Molineux Stadium pada pertandingan putaran kelima Piala FA (18/2/2017). Chelsea berpeluang mengulangi pencapaian klub pada musim 2009-10 ketika meraih gelar ganda dengan merengkuh Piala FA dan trofi Premier League.

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer