Sukses


Arsene Wenger Ungkap Alasan Ubah Formasi Arsenal

Bola.com, London - Manajer Arsenal, Arsene Wenger, mengungkapkan alasan mengubah formasi timnya saat menang 2-1 atas Middlesbrough pada laga pekan ke-33 Premier League, Senin (17/4/2017). Wenger menyebut perubahan tersebut demi stabilitas permainan.

Sepanjang musim 2016-2017, Arsenal selalu tampil menggunakan formasi 4-2-3-1, dan sesekali diselingi 4-1-4-1. Namun, Wenger melakukan perubahan drastis ketika melawat ke markas Middlesbrough di Stadion Riverside. 

Manajer asal Prancis itu menerapkan skema tiga bek untuk pertama kalinya pada musim ini. Gabriel, Laurent Koscielny, dan Rob Holding dimainkan sebagai bek tengah skuat Meriam London dalam formasi 3-4-2-1.

Perubahan itu pun membawa pengaruh positif, dan Arsenal menang 2-1 atas Middlesbrough. Sepasang gol Arsenal disarangkan Alexis Sanchez pada menit ke-42 dan Mesut Ozil menit ke-71, sedangkan gol tunggal Middlesbrough dicetak Alvaro Negredo menit ke-50. 

"Menurut saya, skema ini memberi para pemain stabilitas ketika menghadapi umpan panjang yang merupakan kelemahan kami. Kami membiarkan mereka menguasai bola lebih dari biasanya. Melawan Crystal Palace dan West Brom, kami menguasai 70 persen bola namun kalah," ujar Wenger kepada Sky Sports.

"Kami ingin selalu menguasai bola. Akan tetapi saat para pemain kurang percaya diri, kami harus mengubah skema yang mampu membuat mereka percaya beberapa hal berbeda," lanjutnya.

Kemenangan ini membuat Arsenal naik ke posisi enam dengan raihan 57 poin dari 31 pertandingan. Koleksi mereka sama dengan Everton yang berada diperingkat ketujuh, dan telah memainkan dua laga lebih banyak.

Sumber: FourFourTwo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer