Sukses


Resmi Latih Arsenal, Unai Emery Punya Catatan Buruk Jumpa Guardiola - Mourinho

Bola.com — Unai Emery resmi diperkenalkan sebagai manajer anyar Arsenal, Rabu (23/5/2018), menggantikan posisi Arsene Wenger yang memutuskan hengkang pada akhir musim 2017-2018.

Nama Unai Emery mencuat ketika ia sukses mengantarkan Sevilla menjuarai Liga Europa tiga musim beruntun pada musim 2013-2014 hingga 2015-2016. Setelah itu, ia berkarier bersama Paris Saint-Germain.

Di PSG, Unai Emery bisa dibilang cukup sukses. Ia memimpin PSG meraih empat gelar selama dua musim. Namun, ia akhirnya tidak diperpanjang kontraknya setelah gagal membuat PSG berbicara banyak di ajang Liga Champions.

Unai Emry tidak membutuhkan waktu lama mendapatkan pekerjaan baru. Arsenal memutuskan merekrut manajer 46 tahun tersebut. Belum diketahui berapa lama Emery mendapatkan kontrak di Emirates Stadium.

2 dari 2 halaman

Statistik

Berikut ini adalah beberapa angka terkait karier kepelatihan Unai Emery, seperti dirangkum dari Opta.

1 — Unai Emery mencatatkan rasio 73,7 persen kemenangan dan rasio poin per pertandingan sebesar 2,37. Angka ini adalah catatan terbaik yang dimiliki pelatih PSG.

7 — Arsenal adalah klub ketujuh dalam karier Unai Emery. Sebelumnya, Unai Emery pernah melatih Minnows Lorca Deportiva, Almeria, Valencia, Spartak Moscow, sebelum melatih klub-klub besar dalam lima musim terakhir.

2 — Unai Emery adalah pelatih kedua Arsenal yang berasal dari luar Inggris selain Arsene Wenger. Selain itu, Unai Emery merupakan pelatih Spanyol kesembilan yang melatih klub Premier League.

10 — Total, Unai Emery memenangi 10 trofi selama berkarier sebagai pelatih, dan mayoritas trofi tersebut diraihnya ketika melatih Sevilla dan PSG. Hanya Laurent Blanc yang mampu mengalahkan pencapaian Emery di Prancis (11 trofi).

4-3-3 — Formasi tersebut merupakan favorit Unai Emery di PSG. Total, Unai Emery memainkan formasi 4-3-3 dalam 89 persen laga PSG, sedangkan di Sevilla, Unai Emery sering memainkan formasi 4-2-3-1.

0 — Unai Emery memiliki catatan pertemuan dengan Pep Guardiola (10 laga) dan Jose Mourinho (5 laga). Namun, dari total 15 pertandingan tersebut, Unai Emery belum pernah meraih kemenangan satu pun (Menang 0, Imbang 5, Kalah 10).

Sumber: Opta

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer