Sukses


Emery Pilihan Terbaik Arsenal Gantikan Wenger

London - Arsenal akhirnya merekrut Unai Emery sebagai manajer baru. Dia menggantikan Arsene Wenger yang mundur pada akhir musim lalu.

Nama Emery sebelumnya tak pernah didiskusikan sebagai pengganti Wenger. Justru beberapa nama tenar lain seperti Massimilliano Allegri, Luis Enrique dan Carlo Ancelotti.

Selain itu ada juga beberapa nama eks pemain Arsenal yang diincar. Seperti Thierry Henry, Patrick Vieira, dan Mikel Arteta.

Namun Arsenal akhirnya memilih Emery dibanding kandidat lain. Mereka yakin manajer asal Spanyol itu bisa membawa The Gunners berjaya lagi.

Terlebih musim ini Arsenal tampil kurang memuaskan. Mereka gagal meraih gelar dan terlempar dari posisi empat besar klasemen Liga Inggris.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Kinerja Emery

"Emery punya rekor yang sangat sukses sepanjang kariernya. Ia juga punya kemampuan untuk mengembangkan pemain muda," ujar CEO Arsenal, Ivan Gazidis seperti dilansir Evening Standard.

"Emery punya gaya bermain yang menarik, progresif, yang sesuai dengan karakter Arsenal. Ia sangat ideal untuk membawa klub ini maju," ujarnya menambahkan.

Apa yang dikatakan Gazidis cukup tepat. Meski baru berusia 46 tahun, namun karier Emery sebagai pelatih cukup cemerlang.

Ia sudah meraih 10 gelar sejak mengawali karier sebagai pelatih tahun 2005. Rinciannya, tiga gelar didapat saat melatih Sevilla, dan tujuh gelar saat menangani PSG.

Gelar yang diraih Emery pun tak sembarangan. Yakni tiga gelar Liga Europa bersama Sevilla yang dilakukan secara beruntun.

Sementara di PSG, ia membawa klub kaya Prancis itu juara Ligue1 musim ini. Selain itu ia juga membawa PSG meraih enam gelar domestik.

Persentase kemenangan Emery juga cukup baik yakni mencapai 53,5 persen. Khusus di PSG, persentasenya mencapai 76,3 persen.

3 dari 4 halaman

Sambutan Pemilik

Tak heran pemilik Arsenal, Stan Kroenke pun sangat senang bisa mendapatkan Emery. Ia memberikan kontrak berdurasi empat tahun dengan gaji enam juta pound sterling per musim untuk Emery.

"Dia orang yang tepat untuk pekerjaan ini dan sesuai dengan keinginan fans," kata Kroenke.

"Kami terpukau dengan pengetahuannya soal sepak bola, energinya, determinasinya, dan kecintaannya pada permainan. Ia punya visi untuk membawa klub ini maju dan meneruskan kesuksesan Wenger," ujar pengusaha asal AS itu menambahkan.

4 dari 4 halaman

Kebanggaan Emery

Bagi Emery bisa menangani Arsenal merupakan kebanggaan tersendiri. Terlebih The Gunners merupakan raksasa Liga Inggris.

"Saya sudah bertemu semua petinggi Arsenal. Klub ini punya ambisi besar," ujarnya.

"Arsenal dikenal sebagai klub yang punya gaya bermain menarik, komitmen pada pemain muda, stadion megah, dan bagaimana klub ini dijalankan. Saya sudah tak sabar memberikan momen bahagia untuk semuanya," ujarnya.

Sangat menarik menanti kiprah Emery di Arsenal musim mendatang. Bisakah dia menyamai manajer asal Spanyol lainnya, Pep Guardiola dan Rafael Benitez yang berjaya bersama klub Liga Inggris?

Sumber: Liputan6.com

Striker Southampton Danny Ings Mengancam Jadi Top Scorer Premier League

Video Populer

Foto Populer