Sukses


Romelu Lukaku dan 5 Penjualan Termahal Manchester United di Bursa Transfer

Bola.com, Manchester - Manchester United resmi melepas striker Romelu Lukaku ke Inter Milan pada hari terakhir bursa transfer Premier League, Kamis (8/8/2019). Lukaku dilepas dengan banderol 73 juta pounds atau setara Rp1,26 triliun. 

Kepindahan Lukaku ke Inter Milan terealisasi setelah melalui negosiasi yang alot dan berliku. Inter Milan bahkan sempat menyatakan menyerah mengejar pemain asal Belgia tersebut. 

Lukaku kemudian hampir dijual ke Juventus, sebagai bagian skenario pertukaran pemain dengan Paulo Dybala. Namun, Dybala emoh pindah ke Old Trafford sehingga Lukaku juga batal ke Turin. 

Inter Milan akhirnya kembali mencoba peruntungan, dengan mengajukan penawaran baru ke Setan Merah senilai Rp1,26 triliun. Kali, ini kedua klub akhirnya mencapai kesepakatan. 

Bersama I Nerazzurri, pemain berusia 26 tahun tersebut sepakat menandatangani kontrak berdurasi lima musim. Dia akan menerima bayaran 9 juta euro (Rp143 miliar) per musim dari Inter.

Menurut Squawka, Lukaku menjadi pemain pemain termahal kedua yang dijual Manchester United di bursa transfer. Posisi pertama untuk kategori tersebut masih ditempati Cristiano Ronaldo saat dilego ke Real Madrid pada 2009.   

Berikut ini daftar lima penjualan termahal dalam sejarah Manchester United di bursa transfer pemain. 

 

2 dari 6 halaman

1. Cristiano Ronaldo

Manchester United menjual Cristiano Ronaldo saat sang pemain berada di puncak karier. Semusim sebelumnya, Ronaldo menjadi pilar penting MU saat meraih juara Liga Champions dan Premier League. 

MU melepas Ronaldo pada akhir musim 2009. Mereka tak bisa menahan Ronaldo yang ingin pindah ke klub impiannya sejak kecil, Real Madrid. 

Los Blancos harus merogoh kocek dalam untuk memboyong bintang asal Portugal itu. Mereka mengeluarkan dana senilai 80 juta pounds atau setara Rp1,37 triliun. Ini masih menjadi penjualan pemain termahal dalam sejarah Manchester United. 

 

3 dari 6 halaman

2. Romelu Lukaku

Manchester United tak mau melepas Romelu Lukaku dengan banderol murah. Alhasil, tak banyak klub yang berani masuk area persaingan. 

Sepanjang bursa transfer musim panas, hanya Juventus dan Inter Milan yang dikaitkan dengan Lukaku. 

Striker asal Belgia tersebut akhirnya dibeli Inter Milan pada hari terakhir bursa transfer pemain Premier League. Inter Milan harus merogok kocek senilai 73 juta pounds atau setara Rp1,26 triliun. 

 

4 dari 6 halaman

3. Angel Di Maria

Manchester United menjual Angel Di Maria ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2015. Saat itu, MU meraup 44,3 juta pounds atau setara Rp762 miliar. 

Meski nominalnya terlihat besar, tapi sebenarnya Manchester United cukup rugi dalam urusan Di Maria. Setan Merah membeli Di Maria pada awal musim sebelumnya dengan banderol 59,7 juta pounds atau setara Rp1,03 miliar.

Namun, menjual Di Maria menjadi pilihan terbaik karena sang pemain tak kunjung menunjukkan performa meyakinkan di Old Trafford. 

 

5 dari 6 halaman

4. David Beckham

David Beckham dilepas Manchester United ke Real Madrid pada awal musim 2003-2004. Kabarnya Beckham dilepas karena tak akur dengan manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson. 

Padahal, saat itu Beckham masih menjadi salah satu pemain kesayangan publik ke Old Trafford. MU melepas Beckham ke Old Trafford dengan banderol 25 juta pounds atau setara Rp430 miliar. 

 

6 dari 6 halaman

5. Morgan Schneiderlin

Manchester United melepas gelandang asal Perancis, Morgan Schneiderlin, ke Everton pada 12 Januari 2017 alias pada bursa transfer musim dingin. 

Schneiderlin dilego Manchester United ke Everton dengan harga 24 juta pounds (Rp412 miliar). Harga Schneiderlin masih menjadi yang tertinggi kelima dalam daftar penjualan Manchester United di bursa transfer pemain. 

 

Video Populer

Foto Populer