Sukses


Merawat Ingatan: Skuat Liverpool Saat Terakhir Kali Juara Liga Inggris 30 Tahun Lalu

Bola.com, Jakarta - Tiga puluh tahun lalu, tepatnya musim 1989-1990, Liverpool keluar sebagai penguasa Liga Inggris. Kenny Dalglish dkk. sukses meraih gelar juara ke-18 kompetisi yang dulu bernama First Division.

Tiga puluh tahun berselang, Liverpool menjalani Premier League musim 2019-2020 dengan performa yang sangat luar biasa. Mereka bahkan unggul 25 poin dari rival terdekatnya di puncak klasemen.

The Reds sejatinya hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar Premier League. Namun, pesta juara mereka sedikit tersendat karena virus corona COVID-19.

Kompetisi Premier League memang harus dihentikan untuk sementara karena pandemi virus Corona. Sampai sejauh ini kelanjutkan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris itu masih belum jelas.

Penghentian Premier League ini tentu saja sangat merugikan Liverpool. Padahal, The Reds hanya tinggal selangkah lagi mengakhiri puasa gelar Liga Inggris setelah 30 tahun.

Ya, Liverpool terakhir kali menjuarai Liga Inggris pada musim 1989-1990. Kompetisi teratas di Inggris saat itu masih bernama First Division.

Ketika itu Liverpool bersaing ketat dengan Aston Villa di puncak klasemen. Namun, The Reds akhirnya finis di peringkat pertama dengan keunggulan sembilan poin dari Villa.

Dengan demikian, Liverpool berhasil memastikan gelar Liga Inggris ke-18. Namun, itu juga sekaligus menjadi gelar Liga Inggris terakhir mereka hingga sekarang.

Saat itu skuad Liverpool dihuni nama-nama pemain yang kelak akan menjadi legenda di Anfield. Sebagai contoh adalah Ian Rush, Kenny Dalglish, dan John Barnes.

Lantas, siapa saja pemain yang lainnya yang juga menghiasi skuad Liverpool saat terakhir kali menjadi juara Liga Inggris? Berikut ini adalah perinciannya.

 

 

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

Video

2 dari 2 halaman

Daftar Pemain

Kiper: Bruce Grobbelaar, Mike Hooper

Bek: Gary Ablett, David Burrows, Gary Gillespie, Alan Hansen, Glenn Hysen, Steve Nicol, Steve Staunton, Nick Tanner, Barry Venison, Alex Watson

Gelandang: John Barnes, Ray Houghton, Steve McMahon, Jim Magilton, Mike Marsh, Jan Molby, Spackman, Ronnie Whelan

Penyerang: John Aldridge, Peter Beardsley, Ronny Rosenthal, Ian Rush, Kenny Dalglish

 

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 30/4/2020)

Video Populer

Foto Populer