Sukses


10 Gol Jarak Jauh yang Sangat Ekstrim di Pentas Liga Inggris : Hadir Jagoan Liverpool dan Manchester United

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris menjadi satu di antara kompetisi di benua Eropa yang memiliki sisi hiburan. Industri di sektor sepak bola berkembang pesat berkat kehadiran deretan pesepak bola andal.

Gara-gara mereka, Liga Inggris punya nilai 'seni dan hiburan' lebih tinggi. Tengok saja, ada gol-gol spektakuler yang bisa dikemas melalui tayangan, dan menghasilkan efek bagus. Tak hanya itu, para penonton yang hadir di stadion juga terhibur.

Satu di antara yang menjadi magnet adalah gol-gol dari jarak jauh. Tak sekadar sepakan bebas, tapi juga dari open play, yang membuat level hiburan semakin meningkat.

So, simak yuk para pencetak gol jarak jauh dengan status paling ekstrem yang pernah terjadi sepanjang sejarah Liga Inggris.

 

2 dari 12 halaman

Xabi Alonso

Legenda milik Spanyol ini ternyata pernah menciptakan gol dari jarak yang sangat jauh. Kejadian itu terjadi ketika Liverpool berhadapan dengan Newcastle United pada musim 2006/2007.

Prosesnya tergolong sederhana. Xabi Alonso merebut bola dari gelandang Newcastle. Memanfaatkan peluang tersebut, Alonso mencoba menggiring bola ke tengah lapangan, melihat kiper lawan terlalu maju, ia langsung menendang bola ke arah gawang dan berbuah gol.

Gol ini tergolong ekstrem karena Alonso berada pada jarak 70 yard atau sekitar 64 meter. Bagi siapapun yang melihat gol tersebut pasti akan melongo kebingungan. Bahkan, komentator yang menyiarkan secara langsung mengatakan gol tersebut sangat spektakuler.

“Apakah kamu percaya, Xabi Alonso mengulangi kepahlawanannya di Piala FA musim lalu dengan gaya paling spektakuler,” ujar sang komentator.

 

3 dari 12 halaman

Wayne Rooney

Suporter Everton tidak akan pernah melupakan gol fanstastis yang pernah diciptakan Wayne Rooney ke gawang West Ham United pada 2017/2018. Pada pertandingan tersebut, Wayne Rooney mencetak tiga gol, dan satu di antaranya berasal dari tengah lapangan.

Gol bermula dari aksi kiper West Ham berlari keluar kotak penalti untuk membuang bola. Sayang seribu sayang, bola jatuh ke kaki Rooney yang berada di tengah lapangan.

Berbekal insting tajam, Rooney melepaskan tendangan kencang ke arah gawang dan berhasil merobek gawang West Ham. Rooney pernah menciptakan gol jarak jauh ketika masih berseragam Manchester United pada musim 2013/2014.

Berawal dari serangan balik, bola jatuh tepat di depan Rooney. Sang striker tidak melihat rekannya yang mendukung untuk melakukan serangan ke depan. Akhirnya, ia melepaskan tendangan voli ke arah gawang, beruntung gol spektakuler terjadi.

 

4 dari 12 halaman

Maynor Figueroa

Pemain berpaspor Honduras tersebut berhasil menciptakan gol indah. Bagaimana tidak, ia sukses besar setelah membuat gol dari jarak jauh, membuat kubu lawan terdiam.

Gol luar biasa itu terjadi ketika Wigan Athletic bertamu ke kandang Stoke City pada musim 2009/2010. Gol tercipta bermula dari Wigan yang mendapatkan tendangan bebas dari tengah lapangan dan Figueroa yang mengambil peluang tersebut.

Ia melihat posisi kiper yang terlalu maju dari gawangnya. Figueroa langsung mengambil kesempatan menendang bola ke arah gawang dan berujung gol.

 

5 dari 12 halaman

Luis Suarez

Striker handal ini memang memiliki tendangan yang sangat kencang, tidak heran ia berhasil membuat gol dari luar kotak penalti. Gol fantastis yang diciptakan Suarez itu ketika Liverpool bersua Norwich City pada musim 2011/2012.

Gol terjadi dari serangan balik Liverpool. Bola mengalir menuju posisi Suarez, yang sudah mulai lepas dari kawalan bek lawan. Sempat berlari menggiring bola, ia langsung menendang bola ke arah gawang karena melihat kiper yang terlalu maju, gol pun tercipta.

Luis Suarez tidak bosan membuat gol-gol jarak jauh. Ia kembali mengulang gol indah tersebut saat melawan klub yang sama, Norwich City pada musim 2013/2014. Berawal dari kesalahan pemain lawan yang tidak sempurna dalam mengontrol bola, Suarez mengambil si kulit bundar dan langsung melakukan tendangan voli yang cukup kencang, gol terjadi secara spektakuler.

 

6 dari 12 halaman

David Beckham

Pertandingan klasik Premier League antara Manchester United dengan Wimbledon pada musim 1996/1997 menjadi momen yang selalu dingat. Pasalnya, legenda Manchester United, David Beckham berhasil membuat gol spesial.

Beckham berhasil menciptakan gol dari tengah lapangan, dengan jarak sekitar 55 meter. Bermula dari ketenangan sang pemain di tengah lapangan, melihat ke arah gawang dan langsung menendang dengan teknik lob.

 

7 dari 12 halaman

Stiliyan Petrov

Pemain milik Aston Villa ini membuat kubu lawan terdiam dengan gol mantap yang ia ciptakan. Kejadian ini terjadi ketika Derby County menantang Aston Villa pada musim 20017/2008.

Gol bermula ketika kiper Derby membuang bola ke tengah lapangan, harapan jatuh ke rekannya, bola malah didapatkan Petrov. Ia menyepak si bola dengan tendangan keras yang berpresisi tinggi, alhasil bola merobek gawang Derby County.

 

8 dari 12 halaman

Charlie Adam

Charlie Adam mencetak gol dengan cara yang tak terduga. Proses gol spektakuler ke gawang Chelsea juga tak dinyana bisa terlihat luar biasa.

Momen spesial ini terjadi di Stadion Stamford Bridge pada musim 2014/2015, saat timnya Charlie Adam, Stoke City bertandang ke kandang Chelsea.

Tuan rumah harus menanggung malu karena menjadi korban gol spektakuler Adam. Gol diawali dari serangan balik yang dibangun The Potters.

Charlie Adam menerima bola dari rekannya di tengah lapangan. Ia melihat kiper Chelsea ketika itu sedang lengah. Adam langsung menendang bola dari jarak sekitar 62 yard dan tendangan tersebut berbuah gol bagi Stoke City.

 

9 dari 12 halaman

Jonjo Shelvey

Pertandingan yang mempertemukan Swansea City dengan Aston Villa pada musim 2013/2014 menjadi sangat menarik. Saat itu tercipta gol nan indah dari tengah lapangan.

Gol berawal dari keputusan bek Aston Villa membuang bola ke tengah lapangan karena dijaga ketat penyerang milik Swansea. Namun sayang, bola yang dibuang tersebut jatuh ke kaki Shelvey. Pemain asal Inggris itu langsung membuat sepakan terukur ke arah gawang dan berbuah gol.

 

10 dari 12 halaman

Matthew Taylor

Gol yang sangat spektakuler pernah diciptakan mantan pemain Portsmouth, Matthew Taylor, dari tengah lapangan. Pertandingan yang mempertemukan Portsmouth dengan Everton pada musim 2006/2007, menjadi saksi.

Gol berawal dari proses perebutan bola kedua tim. Taylor mendapatkan momen bagus saat menerima 'kiriman' bola yang sedikit melambung.

Taylor mengonversi kans tersebut menjadi tendangan keras ke arah gawang lawan. Aksinya berhasil menembus gawang Everton.

 

11 dari 12 halaman

Matt Phillips

Pertandingan yang mempertemukan Crystal Palace dengan Queens Park Rangers pada musim 2014/2015 menjadi momen istimewa bagi Matt Phillips. Ia sukses membuat gol yang luar biasa.

Gol roket dari tengah lapangan terjadi ketika ia mendapat bola buangan pemain lawan. Si kulit bundar berada di udara, dengan tenang ia kontrol dan sedikit menggiringnya ke arah tengah lapangan. Setelah itu, Phillips mengirim bola dengan modal tendangan keras yang membuat kiper lawan tak berdaya.

(Fabio Nainggolan)

Sumber: Premier League dan Transfermarkt

 

12 dari 12 halaman

Video Gol Luar Biasa

Jesse Lingard dan 4 Pemain dengan Gaji Paling Kecil di Manchester United

Video Populer

Foto Populer