Sukses


Bukan Cuma Alisson Becker, 5 Kiper Ini Juga Pernah Mencetak Gol di Pentas Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Alisson Becker menjadi pusat perhatian akhir pekan lali. Hal tersebut tak lepas dari aksi yang dilakukan eks kiper AS Roma tersebut. Alisson mencetak gol saat Liverpool bertandang ke markas West Brom di pekan ke-36 Premier League 2020-21.

Alisson Becker menjebol gawang The Baggies pada menit ke-95. Gol itu membuat Liverpool menang dengan skor 2-1 atas West Brom. Alisson pun mencetak sejarah dengan menjadi kiper pertama yang sukses mencetak gol di laga kompetitif bagi Liverpool sejak tahun 1892.

Namun, Alisson bukan kiper pertama yang berhasil mencetak gol di kompetisi Premier League. Dia tercatat sebagai kiper keenam yang melakukannya.

Jadi siapa saja kiper-kiper yang pernah mencetak gol di pentas Premier League?

Video

2 dari 6 halaman

Peter Schmeichel

Peter Schmeichel adalah kiper pertama yang mencetak gol di kompetisi Premier League. Dia melakukannya saat memperkuat Aston Villa pada musim 2001-2002.

Dalam pertandingan melawan Everton, Schmeichel ikut maju ke area kotak penalti lawan. Dari situasi sepak pojok, sepakan voli mantan kiper Manchester United itu masuk ke gawang Everton.

Sayangnya, gol Schmeichel itu tak mampu menghindarkan Villa dari kekalahan. Aston Villa menyerah dengan skor 2-3 dalam pertandingan tersebut.

  

3 dari 6 halaman

Brad Friedel

Brad Friedel merupakan kiper yang kenyang pengalaman di Premier League. Dia pernah memperkuat sejumlah klub Inggris seperti Liverpool, Blackburn Rovers, Aston Villa dan Tottenham.

Selama bermain di Premier League, Friedel mencatatkan 450 penampilan dengan torehan 132 clean sheet. Kiper asal Amerika Serikat itu juga pernah mencetak satu gol.

Gol itu tercipta kala Friedel membela Blackburn pada musim 2004-2005. Dia mencetak gol dalam pertandingan melawan Charlton Athletic pada menit ke-90.

4 dari 6 halaman

Paul Robinson

Paul Robinson sempat memperkuat Tottenham Hotspur. Eks kiper timnas Inggris itu sempat membuat sejarah bersama Spurs.

Robinson mampu menciptakan gol bagi The Lillywhites. Hal itu terjadi ketika Spurs bersua Watford dalam lanjutan Premier League pada musim 2006-2007.

Robinson mencetak gol spektakuler lewat tendangan bebas dari jarak 88 meter. Gol itu membuat Tottenham menang dengan skor 3-1 di Stadion White Hart Lane.

5 dari 6 halaman

Tim Howard

Tim Howard pernah memperkuat dua klub Premier League; Manchester United dan Everton. Dia mencetak gol ketika bermain untuk The Toffees.

Howard mencetak gol saat Everton berhadapan dengan Bolton Wanderers pada musim 2011-2012. Dia menaklukkan kiper Bolton Adam Bogdan dari dalam area kotak penaltinya sendiri.

Aksi Howard ini terjadi pada menit 60-an. Sayangnya, Everton takluk dengan skor 1-2 dalam pertandingan yang digelar di Goodison Park ini.

6 dari 6 halaman

Asmir Begovic

Kiper terakhir sebelum Alisson yang mencetak gol di Premier League adalah Asmir Begovic. Saat itu dia membela Stoke City.

Begovic mencetak gol ketika Stoke berhadapan dengan Southampton pada musim 2013/14. Kiper asal Bosnia itu mencetak gol dari tendangan dengan jarak jauh.

Begovic menendang bola dari kotak penaltinya sendiri. Bola tendangannya melaju deras dan akhirnya memantul ke tanah, sehingga bola mengecoh kiper lawan dan berujung gol.

Sumber asli: Premier League

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 18/5/2021)

Video Populer

Foto Populer