Sukses


Bedah Kekuatan 2 Manajer Jelang Big Match Liga Inggris, Arsenal Vs Chelsea: Thomas Tuchel Wajib Waspadai Mikel Arteta

Bola.com, Jakarta - Arsenal akan menghadapi Chelsea pada pekan kedua Premier League 2021/2022. Derby London Barat Laut ini akan dihelat di Emirates Stadium, Minggu (22/08) malam WIB.

Pertandingan ini bukan hanya akan mempertemukan dua klub mapan di Premier League. Laga ini juga akan menjadi ajang adu siasat dua pelatih muda, Thomas Tuchel dan Mikel Arteta.

Thomas Tuchel, yang menakhodai Chelsea, saat ini berusia 47 tahun. Sementara, Mikel Arteta lebih muda lagi. Juru taktik Arsenal tersebut baru berusia 39 tahun.

Sama-sama pelatih muda, kedua pelatih ini menjelang Derby London Barat Laut tersebut dengan kondisi berbeda. Tuchel menjelang laga ini dengan modal apik, setelah meraih kemenangan pada laga pekan pertama lalu. Sebaliknya, tekanan berat mengadang Arteta, yang timnya menelan kekalahan pada laga pekan pertama.

Namun, kondisi tersebut tak otomatis membuat Tuchel bakal dengan mudah memenangi adu siasat kontra Arteta. Pasalnya, Arteta memiliki sejumlah catatan yang harus diwaspadai Tuchel.

2 dari 4 halaman

Raihan Thomas Tuchel Lebih Mentereng

Soal pengalaman, Thomas Tuchel boleh menepuk dada. Pelatih asal Jerman ini lebih banyak makan asam garam di bidang kepelatihan dibanding Mikel Arteta.

Tuchel mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola profesional pada musim 1998/1999. Klub terakhir yang dibelanya adalah SSV Ulm 1846. Kemudian, pada musim 2000/2001, ia menapaki karier di bidang kepelatihan dengan menjadi tim muda Stuttgart. Sejauh ini, Tuchel sudah berpengalaman memimpin langsung anak asuhnya dalam 480 laga profesional.

Di sisi lain, Arteta baru memulai karier kepelatihannya pada musim 2016/2017, setelah pensiun sebagai pemain Arsenal. Waktu itu, pelatih asal Spanyol tersebut menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City. Sampai saat ini, Arteta sudah 87 kali memimpin langsung anak asuhnya di laga profesional.

Tak hanya urusan pengalaman, Tuchel juga lebih mentereng soal raihan sebagai pelatih. Dalam 480 laga sebagai pelatih, ia sukses membawa anak asuhnya meraih 278 kemenangan dan 85 hasil imbang.

Sementara, dalam 87 laga sebagai pelatih, Arteta sukses membawa anak asuhnya meraih 47 kali menang dan 16 kali kalah.

Tak hanya menang, secara statistik, tim besutan Tuchel pun lebih buas ketimbang tim racikan Arteta. Dalam tiap pertandingan, rata-rata anak asuh Tuchel mencetak 2,066 gol. Sementara, rata-rata, tim besutan Arteta mencetak 1,712 gol tiap laga.

Urusan kokohnya pertahanan, tim Tuchel juga unggul. Dalam tiap pertandingan, gawang mereka kebobolan 1,03 gol. Sementara, para penggawa Arteta kebobolan 1,08 gol tiap laga.

Tak hanya itu, Arteta juga kalah soal raihan poin per pertandingan dari Tuchel. Dari 87 laga, ia meraih poin total sebesar 157 poin. Rata-rata poin per pertandingan jebolan Akademi Barcelona ini berada di level 1,804.

Sementara, dari 480 laga yang dilakoninya sebagai pelatih kepala, Tuchel meraih 919 poin. Rata-rata poin per pertandingan Tuchel adalah 2,016.

3 dari 4 halaman

Catatan Bagus Mikel Arteta Saat Bertemu Chelsea

Kalah statistik dari Tuchel tak berarti Arteta inferior dibanding koleganya tersebut. Arteta memiliki catatan apik kala menghadapi Chelsea.

Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Arteta sempat lima kali menghadapi Chelsea. Dari lima laga tersebut, ia membawa timnya meraih tiga kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah.

Di sisi lain, catatan Tuchel kontra Arsenal bisa dibilang buruk. Ia sempat sekali bertanding kontra Arsenal. Dalam laga tersebut, skuad Tuchel mengalami kekalahan.

Tak hanya rekor apik kontra Chelsea, Arteta juga memiliki catatan bagus kala menghadapi Tuchel. Ia pernah mengalahkan seniornya tersebut dalam adu siasat mereka.

Sejauh ini, Arteta dan Tuchel sempat sekali bertemu. Arteta menangani Arsenal, sedangkan Tuchel menakhodai Chelsea. Hasilnya, skuad Arteta menang 1-0 dalam laga tersebut. Gol semata wayang pada laga pekan ke-36 Premier League 2020/2021 dicetak Emile Smith Rowe.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah, Published 22/08/2021)

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Tabel Klasemen

Video Populer

Foto Populer