Sukses


Liga Inggris : Alasan Arsenal Comot Takehiro Tomiyasu, Benar Nih Serba Guna dan Tahan Lama

Bola.com, Jakarta - Cerita tentang keberadaan Takehiro Tomiyasu di Arsenal masih berlanjut. Maklum, tak banyak yang tahu kalo Arsenal mengajak pemain berkebangsaan Jepang ini ke Liga Inggris dengan alasan tertentu.

"Dia masih sangat muda dan punya banyak pengalaman di Liga Italia Serie A," Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, pendek. Kalimat sederhana yang terucap dari mulut Arteta memiliki arti besar.

Seperti informasi sebelumnya, Takehiro Tomiyasu bergabung ke Arsenal dengan mahar 20 juta euro plus 3 euro sebagai tambahan jika sang pemain punya performa bagus. Keberhasilan Arsenal membuat Tottenham Hotspur harus gigit jari, karena gagal mendapatkan pemain yang dibeli Bologna dari VV Sint-Truiden pada 2019 senilai 7 juta euro.

Bukan hal mudah bagi Arsenal untuk mendapatkan Takehiro Tomiyasu. Pada pembukaan bursa transfer pemain musim panas 2021, Spurs sempat menjadi yang terdepan. Bahkan, manajemen tim asal London tersebut sudah menawarkan 20 juta euro.

Sayang, beragam cara ala Spurs tersebut gagal total. Beruntung, The Lily Whites mendapatkan dua pemain sekaligus, yakni Cristian Romero dari Atalanta dan bek Barcelona, Emerton Royal.

 

2 dari 4 halaman

Suasana Sedih

Jika Arsenal gembira, suasana sebaliknya terjadi di kubu Bologna. Pelatih Sinisa Mihajlovic tak kuasa menahan sedih karena kehilangan satu di antara bek terbaik miliknya. Takehiro Tomiyasu adalah ikon di Stadion Dall'Ara.

Maklum, bagi Miha, Takehiro Tomiyasu adalah pemain serba guna dan tahan lama. Posturnya yang 188 cm membuat pemain berusia 22 tahun ini bisa menjadi bek tengah maupun bek kanan.

Kepedihan Sinisa Mihajlovic semakin menjadi, karena Takehiro Tomiyasu justru memutuskan pindah ke Arsenal hanya 10 jam dari deadline bursa transfer. Namun, Miha tak terkejut, karena ia menjadi saksi perkembangan cara main sang bek dalam dua tahun terakhir di Bologna.

Statistik menunjukkan, Takehiro Tomiyasu mencatat 64 penampilan di bawah pelatih yang notabene eks Inter Milan dan Lazio. Berkat polesan Miha, Takehiro Tomiyasu berhasil menyita perhatian klub-klub raksasa di Eropa.

 

3 dari 4 halaman

Jenjang Pembuktian

Sekadar informasi, perjalanan Takehiro Tomiyasu berawal dari Jepang. Pada 2018, ia mendarat di Belgia. Lalu, pencari bakat asal Bologna menemukan eks Avispa Fukuoka ini, lalu membawanya ke Stadio Dall'Ara.

Kini, Takehiro Tomiyasu bakal membuktikan apakah dirinya bisa serba guna dan tahan lama. Arteta mengakui, ia sudah menyiapkan Takehiro Tomiyasu sebagai bek kanan terlebih dulu, sebelum menjajalnya di area tengah pertahanan.

"Saya butuh bek kanan yang agresif, namun juga bisa bermain di tengah. Tomi punya kapasitas itu," tegas Arteta. Faktor pengalaman menjadi nilai tinggi bagi Takehiro Tomiyasu.

Bagaimana tidak, sepanjang kariernya, Takehiro Tomiyasu sudah terbang ke dua negara berbeda, yakni Belgia dan Italia. "Plus, dia sudah matang di level internasional bersama Timnas Jepang," imbuh Arteta. Arsenal mengikat Takehiro Tomiyasu sampai musim panas 2025.

Sumber : SkySports, Football Italia

4 dari 4 halaman

Arsenal Kok Di Bawah Ya

Video Populer

Foto Populer