Sukses


5 Fakta di Balik Penjualan Liverpool: Harga Ngeri, Siapa yang Sanggup Beli?

Bola.com, Jakarta - Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group (FSG) menjual The Reds. Langkah perusahaan investasi olahraga Amerika ini mendapat respons beragam dari fans.

"FSG telah mengatakan sebelumnya bahwa di bawah syarat dan ketentuan yang tepat, kami akan mempertimbangkan pemegang saham baru jika itu demi kepentingan terbaik Liverpool sebagai sebuah klub," demikian pernyataan resmi FSG.

Sebagian fans nyaman dengan FSG yang memberikan stabilitas selama belasan tahun terakhir. Tapi, ada juga yang frustrasi dengan kebijakan transfer yang memprioritaskan pengeluaran bersih yang relatif rendah.

Inilah sebabnya mengapa banyak penggemar Liverpool akan menyambut penjualan ke individu atau konsorsium dengan ambisi yang lebih. Menurut banyak jajak pendapat yang dilakukan di Twitter, beberapa bahkan akan senang dimiliki oleh negara Timur Tengah, seperti Manchester City, Newcastle United, dan PSG.

Berikut ini fakta-fakta di balik penjualan Liverpool oleh FSG.

2 dari 6 halaman

4 Besar Klub Paling Berharga

Selama 12 tahun di bawah naungan FSG, Liverpool menjelma sebagai klub elite dunia.

Menurut Forbes, Liverpool adalah klub sepak bola paling berharga keempat di dunia, senilai 4,45 miliar USD, di belakang Real Madrid, Barcelona dan Manchester United.

3 dari 6 halaman

Daftar Gelar Liverpool Era FSG

2x EFL Cup

1x FA Cup

1x Super Cup

1x Club World Cup

1x Premier League

1x Champions League

1x Community Shield

4 dari 6 halaman

5 Sosok yang Dikaitkan Sebagai Pembeli

Kini sejumlah konsorsium miliarder diketahui tertarik untuk membeli Liverpool, bahkan terdapat nama Elon Musk.

Dilansir dari SunSport, terdapat lima orang dengan kekayaannya yang mampu mengakuisisi The Reds.

Pertama Sir Jim Ratcliffe, Muhsin Bayrak, Billy Beane, Elon Musk, hingga LeBron James.

5 dari 6 halaman

Kedekatan dengan Jurgen Klopp

FSG memiliki hubungan yang sangat baik dengan manajer Jurgen Klopp.

"Hubungannya luar biasa. Sebenarnya sejak hari pertama. Sejak saat itu, kami memiliki hubungan yang sangat baik secara profesional dan juga secara pribadi. Dengan Mike, kami bekerja erat bersama, begitulah adanya," kata Klopp pada 2020.

Klopp kemudian menggambarkan FSG sebagai pemilik terbaik tempat dia bekerja.

"Ini telah bekerja dengan sangat baik. Mereka adalah pemilik pertama saya, jadi saya tidak dapat membandingkan mereka. Mereka adalah pemilik terbaik tempat saya bekerja, pasti!"

6 dari 6 halaman

Rp 70 Triliun

FSG kabarnya mematok angka 4 miliar poundsterling untuk saham Liverpool. Jika dirupiahkan, angkanya mencapai 70 triliun!

John Henry lewat FSG memiliki Liverpool selama 12 tahun. Ia membeli saham klub dari George N. Giller dan Tom Hicks senilai 300 juta poundsterling.

Video Populer

Foto Populer