Sukses


Liga Inggris: Orang Terkaya Ke-8 di Dunia Asal India Tertarik Membeli Liverpool

Bola.com, Jakarta - Orang terkaya kedelapan di dunia asal India, Mukesh Ambani, dilaporkan tertarik membeli klub Liga Inggris, Liverpool. Sang miliarder bakal mengambil alih saham mayoritas The Reds dari Fenway Sport Group (FSG).

FSG membayar Liverpool dengan uang sebesar £300 juta pada Oktober 2010. Di tangan mereka, klub Merseyside itu meraih sejumlah kejayaan yang telah lama absen mampir di lemari trofi klub.

Liverpool sukses mencapai tiga final kompetisi antarklub Eropa. Mereka memenangkan Liga Champions pada 2019, dan dengan Jurgen Klopp memimpin sejak Oktober 2015, The Reds juga mengakhiri penantian 30 tahun untuk dinobatkan sebagai juara Liga Inggris.

FSG juga telah menginvestasikan £1,254 miliar ke dalam transfer selama mereka bertugas. Tapi, terlepas dari kesuksesan mereka, masih ada perasaan bahwa FSG tidak dapat bersaing dengan beberapa pemilik Liga Inggris yang lebih kaya.

Oleh karena itulah, FSG dengan berat hati menjual Liverpool.

 

2 dari 5 halaman

Banyak Peminat

Sejumlah pebisnis kaya raya telah dikaitkan dengan suatu pendekatan. Salah satu pemilik Boston Celtics, Stephen Pagliuca, minggu ini disebut sebagai favorit potensial untuk menyukseskan FSG.

Pagliuca memiliki aset senilai sekitar £119 miliar, jauh di bawah pemilik Manchester City Sheikh Mansour sebesar £112 miliar.

Namun dalam hal kekayaan riil dan dana aktual, Pagliuca bisa ditaklukkan oleh Ambani. Berdasarkan laporan Forbes, pengusaha India Ambani adalah orang terkaya kedelapan di dunia.

Meski ada persaingan kuat untuk membeli Liverpool, Daily Mirror melaporkan dia siap melakukan dorongan kuat untuk mengakuisisi klub tersebut.

3 dari 5 halaman

Penggemar Berat Kriket

Walaupun ada kopentitor dari Timur Tengah dan Amerika Serikat, Ambani telah membuktikan di masa lalu bahwa dia selalu ngotot mendapatkan apa yang dia mau.

Rekan Raja Charles itu adalah pemilik Munbai Indians, klub kriket, dan membantu mendirikan Liga India. Meski kriket adalah cinta utamanya, dia juga memiliki minat yang kuat pada sepak bola.

Apalagi faktanya, Liga Inggris adalah salah satu olahraga yang paling banyak ditonton di India setelah kriket dan dengan cepat mengejar ketinggalan.

Setelah menciptakan Munbai Indians, ia telah dicap sebagai 'pemilik tim olahraga terkaya di dunia' oleh Forbes. Sekarang, dia dilaporkan ingin membawa mentalitas yang sama ke sepa kbola dan kepemilikan prospektifnya di Liverpool.

 

 

4 dari 5 halaman

Boyong Mbappe

Memang, The Reds sudah dikaitkan lagi dengan kepindahan Kylian Mbappe, seorang pria yang dilihat Ambani sebagai salah satu bintang terbesar dalam sepakbola.

Gosip seputar antara Mbappe dan Liverpool, tentu saja, bukanlah hal baru. Desas-desus itu muncul kembali baru-baru ini menyusul klaim Mbappe tidak bahagia di PSG hanya beberapa bulan setelah berkomitmen untuk kontrak baru.

Kontrak barunya di raksasa Ligue 1 akan berakhir pada musim panas 2025. Dengan demikian, PSG kemungkinan akan mencari biaya rekor dunia jika mereka ingin berpisah dengan Mbappe dalam waktu dekat.

Sumber: TeamTALK

5 dari 5 halaman

Posisi Liverpool Saat Ini

Video Populer

Foto Populer