Sukses


3 Bocah yang Direktut Chelsea di Era Jose Mourinho, Bagaimana Kabar Mereka Sekarang?

Bola.com, London - Jose Mourinho sempat membuat kejutan pada priode keduanya menjabat sebagai manajer Chelsea. Mourinho sempat merekrut tiga pemain belia saat itu.

Tiga pemain yang dimaksud adalah Leis Baker, Izzy Brown, dan Dominic Solanke. Jose Mourinho bahkan sangat yakin dengan talenta yang dimiliki tiga pemain Inggris itu.

Bahkan, Mou sempat mengeluarkan pendapat yang sangat percaya diri. Ia yakin, Solanke, Brown, dan Baker bisa menjadi andalan tak hanya di Chelsea, tetapi juga di Timnas Inggris pada masa depan.

"Hati nurani saya mengatakan jika Baker, Brown, dan Solanke tidak menjadi pemain Timnas Inggris dalam beberapa tahun, saya harus menyalahkan diri saya sendiri," kata Mourinho dalam tur pramusim Chelsea pada 2014.

Lalu, bagaimana kabar tiga pemain yang saat itu mendapatkan pujian dari Jose Mourinho?

2 dari 5 halaman

Lewis Baker

Lewis Baker sempat mengalami karier yang mulus pada masa awal berseragam Chelsea. Ia pernah mendapatkan gelar pemain muda tebraik The Blues pada musim 2013/2014.

Baker sempat beberapa kali menjalani masa peminjaman. Namun, yang paling berkesan adalah saat dipinjamkan ke klub Belanda, Vitesse Arnhem.

Baker tampil 73 kali untuk klub tersebut. Pemain yang kini sudah berusia 27 tahun itu mencetak 20 gol dan 11 assist untuk Arnhem.

Namun, Lewis Baker hanya mencatatkan dua penampilan di tim senior Chelsea. Kini, Baker bermain untuk Stoke City di EFL Championship.

Harapan Jose Mourinho untuk melihat Baker memperkuat Timnas Inggris hanya terbatas pada tim U-21 saja.

3 dari 5 halaman

Izzy Brown

Izzy Brown sempat disebut sebagai aset berharga sepak bola Inggris saat menjalani debut di Premier League pada usia 16 tahun bersama West Brom.

Chelsea pun kepincut. The Blues memboyong Brown pada musim panas 2013. Karier Izzy Brown di tim junior Chelsea pun berjalan mulus.

Dia sempat menjadi kapten Chelsea U-19 yang tampil apik di UEFA Youth League musim 2014/2015.

Sayangnya, Izzy Brown hanya sekali mendapatkan kesempatan memperkuat tim senior Chelsea. Ia harus berpindah-pindah dengan status pinjama ke klub lain.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu bahkan belakangan memiliki nasib yang menyedihkan. Brown berstatus tanpa klub sejak musim panas 2022.

4 dari 5 halaman

Dominic Solanke

Dibandingkan dengan dua pemain di atas, Dominic Solanke bisa dikatakan memiliki karier yang cukup lumayan. Solanke memang hanya mendapatkan sekali kesempatan membela tim senior Chelsea.

Namun, ia ditampung Liverpool pada musim panas 2017. The Reds sempat disebut akan membantu perkembangan karier Solanke.

Harapan itu sayangnya tidak terwujud. Sang pemain hanya bisa mencetak satu gol dan satu assist dari 27 laga resmi bersama The Reds.

Meski demikian, Dominic Solanke mampu membangun kembali kariernya. Ia masih beredar di Premier League musim ini bersama Bournemouth.

Dominic Solanke adalah pemain penting dalam keberhasilan Timnas Inggris U-20 dalam menjadi juara Piala Dunia U-20 2017. Solanke juga sudah mendapatkan satu caps di Timnas Inggris senior.

Sumber: Planet Football

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League 2022/2023

Video Populer

Foto Populer