Sukses


4 Bek Arsenal Favorit Arsene Wenger: Andalan Merengkuh Banyak Gelar

Bola.com, Jakarta - Mikel Arteta masih harus berguru lagi kepada Arsene Wenger untuk mengelola skuad Arsenal. Manajer asal Spanyol itu belum bisa mempersembahkan gelar Premier League bagi The Gunners.

Arsene Wenger bekerja sebagai manajer Arsenal selama 22 tahun. Dari dua dekade lebih masa tugasnya di Highbury maupun Emirates Stadium, pelatih asal Prancis ini berhasil menghadirkan banyak gelar bagi Arsenal.

Sejak datang pada 1996 di Arsenal Wenger mampu memenangi tiga gelar Premier League dan tujuh Piala FA sebelum meninggalkan klub pada 2018. Kesuksesan ini tentu saja berkat kematangannya meramu skuad yang mematikan lawan.

The Professor juga jitu dalam perekrutan pemain di bursa transfer.  Wenger bahkan mampu membimbing para pemain muda menjadi bintang. Dengan lini belakang yang tangguh termasuk penjaga gawang, Arsenal bahkan meraih gelar Premier League tanpa terkalahkan alias invincible musim 2023/2024.

 

 

2 dari 5 halaman

1. Bacary Sagna

Sagna tiba di Arsenal dari Auxerre pada 2007 ketika berusia 24 tahun. Melihat talenta Sagna, Wenger langsung mengukuhkan posisinya sebagai bek kanan pilihan pertama klub.

Pemain berpaspor Prancis itu mencatatkan 284 penampilan selama tujuh tahun di Arsenal dan membantu merengkuh gelar Piala FA musim 2013/2014. Setelah itu, dia bergabung dengan Manchester City pada 2014.

 

3 dari 5 halaman

2. Kolo Toure

Entah apa yang dipikirkan Wenger saat mengontrak Toure dari klub Pantai Gading, ASEC Mimosas, pada 2002. Bek timnas Pantai Gading ini terlihat sangat brutal dengan tekel dua kakinya.

Wenger tetap mengagumi sang pemain dan mengontraknya. Ia membukukan 327 penampilan di jantung lini belakang The Gunners sebelum hengkang ke Manchester City pada 2009, setelah mempersembahkan dua gelar Premier League dan satu Piala FA untuk Arsenal.

 

4 dari 5 halaman

3. Laurent Koscielny

Koscielny menandatangani kontrak dengan Arsenal dari Lorient pada 2010. Bek berpaspor Prancis itu kemudian menjadi andalan pertahanan Gunners selama sembilan tahun ke depan.

Bek tengah itu mencatat 324 penampilan di bawah asuhan Wenger dan dicap sebagai salah satu bek terbaik dunia oleh manajernya. Dia ditunjuk sebagai kapten klub setelah kepergian Wenger pada 2018, tetapi secara kontroversial bergabung dengan Bordeaux setahun kemudian.

 

5 dari 5 halaman

4. Gael Clichy

Wenger mengontrak Clichy dari Cannes pada 2003 untuk menjadi pelapis Ashley Cole di posisi bek kiri. Dengan kedalaman skuad yang mumpuni, Arsenal akhirnya menjuarai Premier Legue tanpa terkalahkan musim 2003/2004.

Setelah Cole bergabung dengan Chelsea pada 2006, Clichy mengambil alih peran starter dan berkembang menjadi salah satu bek sayap terbaik di Inggris. Setelah membukukan 264 penampilan untuk klub, ia menolak kontrak baru dan bergabung dengan Manchester City pada 2011.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer