Sukses


VIDEO: Profil Tim Liverpool, Kembali Bertaji di Liga Inggris Setelah Hadirnya Jurgen Klopp

Bola.com, Jakarta Liverpool sempat mengalami masa suram setelah dua tragedi besar menimpa mereka di era 80-an. Salah satunya adalah tragedi Hillsborough yang mengakibatkan 97 fans The Reds tewas di Stadion Hillsborough saat Liverpool menghadapi Nottingham Forest di Piala FA.

Sejak saat itu, kekuatan Liverpool di Liga Inggris seolah sirna dan selalu kalah saing dengan beberapa klub besar lainnya. Walaupun sempat mengejutkan dengan menjuarai Liga Champions di tahun 2005, Liverpool tetap belum bisa berjaya di Liga Inggris saat itu.

Pada tahun 2015, Liverpool mendatangkan pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp yang sebelumnya melatih Borussia Dortmund. Hadirnya Jurgen Klopp seolah bagaikan juru selamat bagi The Reds.

Dengan cepat, Liverpool langsung dibuat melesat oleh juru taktik yang kini berusia 56 tahun tersebut. Beberapa nama baru diboyongnya seperti Mo Salah, Sadio Mane hingga Virgil van Dijk.

Di era inilah, Liverpool kembali bangkit di Liga Inggris dan akhirnya mampu meraih gelar juara pada musim 2019-2020. Ini sekaligus mengakhiri puasa gelar Liga Inggris Liverpool selama 30 tahun.

Tidak hanya itu, pada musim sebelumnya Klopp bahkan mempersembahkan trofi Liga Champions ke-6 untuk publik Anfield. Sejak saat itu, nyanyian You Never Walk Alone kembali menggema dan semakin populer di dunia.

Kini di Liga Inggris musim 2023/2024, Jurgen Klopp siap kembali mematahkan dominasi Man City dan membawa Liverpool kembali meraih gelar untuk ke-20 kalinya di Liga Inggris.

Video Populer

Foto Populer