Sukses


5 Fakta Wataru Endo, Pemain Menjanjikan Liverpool Asal Jepang: Bisa Meneror Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Gelandang Liverpool asal Jepang, Wataru Endo, kembali menyedot perhatian. Dia turut menjadi starter saat The Reds menundukkan Burnley 2-0 pada lanjutan Liga Inggris 2023/2024, Rabu (27/12/2023) dini hari WIB. 

Wataru Endo, yang bergabung ke Liverpool dari VfB Stuttgart dengan harga sekitar 16 juta pounds pada musim panas 2023, tampil bagus melawan Burnley. Pemain berusia 30 tahun itu menyelesaikan 63 dari 75 operan, menciptakan dua peluang, dan memenangi tujuh dari 14 duel secara keseluruhan. 

Setelah kemenangan tandang timnya baru-baru ini, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, memuji Endo dalam konferensi pers setelah pertandingan. 

"Saya menyukai permainannya, harus saya akui. Agak disayangkan bagaimana dia bangkit dan sekarang dia pergi ke Piala Asia, tapi begitulah adanya, tidak apa-apa. Dia pria luar biasa dan pemain yang luar biasa dan sangat penting bagi kami," ujar Klopp, seperti dikutip dari situs resmi Liverpool. 

Kinerja mengesankan Wataru Endo harus diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Ya, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Vietnam, dan Irak. 

Endo kemungkinan akan menjadi salah satu andalan Jepang di Piala Asia 2023, jadi berpeluang meneror Timnas Indonesia. 

Berikut ini, lima fakta Wataru Endo, yang harus diketahui fans Timnas Indonesia

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Ukir Rekor Unik

Menurut Opta, Endo menjadi pemain di luar kiper yang pertama menjadi starter dalam lima pertandingan dalam 13 hari untuk The Reds sejak Januari 2006 saat berkunjung ke Turf Moor, markas Burnley. 

Dia adalah orang pertama yang melakukannya sejak Steven Gerrard, Sami Hyypia, Jamie Carragher, Steven Finnan, Harry Kewell dan Peter Crouch, semuanya menjadi starter dalam lima pertandingan berturut-turut dalam waktu kurang dari dua minggu.

 

3 dari 6 halaman

2. Tingkat Kebugaran Istimewa

Pemain Timnas Jepang dengan 55 caps tersebut itu menunjukkan tingkat kebugarannya yang luar biasa selama berada di Stuttgart. Dia menjadi starter dalam 132 dari 133 penampilan, mencetak 15 gol dan mencatatkan 12 assist.

Sejauh ini, Endo telah mencetak dua gol dalam 23 pertandingan keseluruhan untuk Liverpool.

 

4 dari 6 halaman

3. Awali Karier di Shonan Bellmare, Moncer di Urawa Reds

Wataru Endo mengawali karier bersama Shonan Bellmare, klub yang terletak di prefektur Kanagawa, Jepang. Dia menjalani debut bersama Bellmare ketika masih berusia 17 tahun.

Karier Endo kian moncer ketika hengkang ke Urawa Reds Diamonds pada 2016. Dia bermain dalam 108 pertandingan, mencetak enam gol, tujuh assist, plus membantu Urawa Reds meraih tiga trofi juara. Satu di antara gelar itu adalah Liga Champions Asia 2017.

5 dari 6 halaman

4. Klub Eropa Pertama Endo

Klub Eropa pertama yang dibela Wataru Endo adalah Sint-Trudien. Dia bergabung bersama klub kasta teratas Liga Belgia itu pada 13 Agsutus 2019. Endo tercatat tampil dalam 31 laga, dan mencetak dua gol plus dua assist.

Pada musim panas 2019, Endo bergabung ke VfB Stuttgart. Sang pemain membela Stuttgart dengan status pinjaman dari Sint-Trudien, sebelum akhirnya dipermanenkan pada April 2020.

6 dari 6 halaman

5. Pujian dari Jurgen Klopp

Jurgen Klopp mengaku puas dengan penampilan Wataru Endo sejauh ini. Bagi manajer asal Jerman tersebut, Endo merupakan satu di antara pemain penting di Liverpool.

"Wataru selalu sangat penting bagi kami. Itu lagi-lagi merupakan bagian lain dari sepak bola, Anda menyusun daftar susunan pemain, mereka bermain bagus dan kemudian Anda berpikir pemain lain tidak bermain bagus. Itu tidak benar," ujar Jurgen Klopp.

"Wataru mengambil langkah setiap hari dan itu penting. Kami punya cerita seperti ini pada masa lalu. Tahun ini terlihat sedikit berbeda, di mana para pemain mungkin beradaptasi lebih cepat, tetapi kami punya cerita: Andy Robertson tidak bermain selama setengah tahun, tidak ada yang bisa mengingatnya lagi tetapi memang seperti itu," lanjutnya.

Sumber: Berbagai sumber

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer